Keluarga Pemilik Grup Djarum Masuk Daftar Orang Terkaya di dunia

Asli Indonesia, Keluarga Ini Masuk Daftar Keluarga Terkaya Sedunia. (FOTO: Reuters/Willy Kurniawan).
Sumber :
  • wartaekonomi

Daftar keluarga terkaya di dunia 2019 belum lama ini telah dirilis Bloomberg. Bangganya, ada keluarga asli Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut dan bertengger di posisi 22, yakni keluarga Hartono.

Melansir dari Bloomberg, Senin (19/8/2019), keluarga Hartono tergolong baru berada di dalam daftar keluarga terkaya di dunia.

Tak heran apabila tahun ini keluarga yang dipimpin oleh Hartono bersaudara tersebut tersemat dalam daftar.

Pasalnya, kakak-beradik Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono juga merupakan orang terkaya di Indonesia.

Kekayaan Michael mencapai US$18,4 miliar atau sekitar Rp261 triliun. Sementara itu, Robert memiliki harta US$18,6 miliar atau setara dengan Rp263,8 triliun.

Keduanya melanjutkan bisnis berupa pabrik rokok Djarum yang didirikan Ayahnya, Oei Wie Gwan pada 1951.

Kini, bisnis Djarum telah berakar, bukan hanya bisnis rokok, Grup Djarum juga memiliki bisnis lain, salah satunya PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Jika meruntut nama-nama keluarga yang masuk dalam daftar keluarga terkaya, ada keluarga lain yang juga berasal dari Asia selain Keluarga Hartono.

Salah satunya adalah Keluarga Al Saud, keluarga kerajaan Arab Saudi yang berada di posisi keempat. Keluarga Al Saud memiliki kekayaan sebesar US$100 miliar atau setara sekira Rp1.418 triliun.

Kemudian, ada pula keluarga Ambani dari India yang berada di posisi 9 dengan kekayaan mencapai US$50,4 miliar atau setara Rp715 triliun.