Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 20 Agustus 2019 | 07:44 WIB

2020 Gaji PNS Tak Naik, Jangan Khawatir Sudah Disiapkan Ini

Team VIVA »
Rochimawati
Arrijal Rachman
Foto :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kompleks Balaikota di Jakarta/Ilustrasi.

VIVA – Entah ini kabar buruk atau kabar baik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kementerian Keuangan menegaskan gaji ASN pada 2020 tidak akan naik. 

Namun, tidak naiknya gaji tersebut diimbangi dengan naiknya insentif tahunan yang dibayarkan pemerintah terhadap ASN, yakni gaji ke13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) pada 2020.

Baca Juga

Dilansir dari laman VIVAnews, Senin, 19 Agustus 2019, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan naiknya tunjangan insentif tersebut karena didasari atas naiknya gaji pokok ASN pada 2019 yang sebesar lima persen. 

Dengan demikian gaji ke-13 dan THR secara hitung-hitungan juga akan mengalami kenaikan. Meski demikian tidak dijelaskan secara spesifik kenaikan anggaran gaji ke-13 dan THR. Hanya saja angkanya dipastikan tidak akan jauh berbeda dari anggaran gaji ke-13 dan THR pada 2019. 

Terpopuler

Baca juga: Kominfo Akui Batasi Akses Telekomunikasi di Papua

Sebelumnya Pemerintah telah menetapkan bahwa gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak akan mengalami kenaikan pada 2020. Meski begitu, Presiden Joko Widodo saat menyampaikan Nota Keuangan memastikan untuk tetap mempertahankan pemberian gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menilai, sebetulnya yang sangat dibutuhkan PNS adalah kenaikan gaji pokok. Itu karena setiap tahunnya gaji pokok selalu tergerus oleh inflasi. 

 

 

 

Topik Terkait
Saksikan Juga
THR dan Gaji ke-13 untuk PNS Dibayarkan 24 Mei 2019
TVONE NEWS - 4 bulan lalu