Mau Duit Banyak Seperti Atta Halilintar, Pakai Resep Ini di YouTube

YouTuber Atta Halilintar.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Warta Ekonomi.co.id, Surakarta – Mau cari duit atau cuan lewat YouTube bak para influencer yang hilir-mudik di akun media sosial? Ternyata, ada banyak metode yang bisa dilakukan, logh. Apa saja?

Memang, beberapa metode hanya bisa diterapkan saat saluran YouTube sudah sangat populer, seperti milik Atta Halilintar.

Namun, jangan bersedih hati karena saluran dengan pengikut lebih kecil pun dapat menghasilkan uang tunai, jika orang menikmati konten Anda.

Catatan penting yang harus selalu diingat adalah pastikan untuk selalu mengungkapkan fakta kepada para pemirsa.

Berdasarkan persyaratan dan ketentuan dari YouTube yang dikutip dari TechRadar Selasa (3/9/2019), inilah jejeran cara untuk menghasilkan cuan lewat video tayang di YouTube:

AdSense

Ini merupakan cara termudah untuk meraup uang di YouTube, tapi saluran Anda harus populer. Nantinya, Anda bisa memperoleh potongan kecil dari iklan yang tampil di video.

Sebelumnya, Anda juga harus bergabung dengan Program Mitra YouTube dengan beberapa syarat, yaitu taat pada kebijakan program, tinggal di negara tempat berjalannya program, memiliki riwayat menonton lebih dari 4 ribu jam dalam lima bulan terakhir, memiliki lebih dari seribu pelanggan, memiliki akun Google AdSense.

Jika akun Anda belum memenuhi syarat tentang jam tontonan dan jumlah pelanggan, Anda masih tetap bisa mengajukan proses monetisasi di menu "Creator Studio" untuk ditinjau melalui sistem dan kru YouTube.

Menjual barang (merchandise)

Program tersebut merupakan kolaborasi antara YouTube dan Teespring, perusahaan yang berfokus pada produksi kaus promosi, jaket, mug, dan barang-barang lainnya.

Sama seperti Adsense, Anda juga perlu bergabung dengan Program Mitra YouTube. Sementara jumlah pelanggan Anda harus mencapai 10 ribu dan reputasinya harus bersih.

Namun, sebagai kreator, Anda harus mendesain barang dagangan sendiri, lalu mengunggah karya ke Design Launcher.

Teespring akan membuatkan barang saat ada pesanan, kemudian mengirimnya ke pelanggan. Keuntungan akan dibagi dua antara Anda dan platform.

Jika pelanggan masih berada di bawah 10 ribu, kreator bisa memanfaatkan situs seperti Spreadshop dan Spreadshirt (khusus Inggris).

Sayangnya, karena situs itu tidak terintegrasi dengan YouTube, kreator harus memasarkan produknya sendiri.

Program afiliasi

Bila sering menampilkan merek dalam videonya, ada baiknya Anda mencari tahu program afiliasi toko.

Beberapa program terbuka untuk siapa pun, tetapi sebagian lagi meminta Anda membuktikan, saluran Anda memiliki pemirsa yang cukup. Afiliasi Amazon menjadi salah satu program yang mudah diikuti.

Singkatnya, Anda menjadi pengiklan bagi produk itu. Bayaran yang akan diterima bergantung pada jumlah pemirsa tiap kreator.

Patreon

Patreon merupakan metode urun dana dari penggemar untuk mendukung para kreator favorit. Jika Anda memiliki pemirsa yang bersedia membantu menutupi biaya pembuatan konten. Maka, cara ini yang paling tepat.

Uang yang dihimpun melalui Patreon dapat digunakan untuk pengeluaran umum Anda atau pembuatan konten khusus sebagai timbal balik bagi pelanggan Anda yang membayar.

Patreon tidak gratis, ada berbagai biaya yang diperlukan untuk menyiapkan akun Anda. Namun, karena ada sistem berlangganan di dalamnya, platform itu ingin memastikan Anda menerima pemasukan tertentu tiap bulannya.