Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 19 September 2019 | 01:00 WIB

Mau Kaya Raya Seperti Bill Gates, Sering-seringlah Beramal

Foto :
  • wartaekonomi
Amalkan Harta Rp49 Triliun, Bill Gates Semakin Kaya Raya.... (FOTO: Reuters.)

Bill Gatest memang dikenal sebagai salah satu miliarder yang dermawan dan hobi filantropi. Lewat badan amal miliknya dan sang istri, Bill & Melinda Foundation, mereka sering menyisihkan hartanya untuk beramal.

Berdasarkan lansiran dari CNBC, Rabu (18/9/2019), tahun ini saja Gates telah menyumbangkan harta lebih dari US$35 miliar atau kurang lebih Rp49 triliun.

Baca Juga

Alih-alih jatuh miskin karena menyumbangkan uang sebesar itu, kekayaan pendiri Microsoft ini justru meningkat sebesar US$16 miliar.

Saat ditanya mengenai bagaimana strategi yang ia gunakan untuk meningkatkan kekayaan miliknya, Gates mengaku tidak defensif terhadap uang yang ia miliki.

Terpopuler

"Kami tidak berlaku defensif dengan sebagian besar uang kami," jelasnya, "strategi yang digunkan untuk berinvestasi adalah lebih dari 60 persennya dalam bentuk ekuitas (saham),” jelasnya.

Memiliki 60 persen porsi investasi di ekuitas, dalam hal ini Bill Gates menaruh 60 persen kekayaannya di saham atau index fund.

Hal itu merupakan langkah agresif bagi seseorang yang sekaya Gates. Biasanya investor akan lebih terdiversifikasi dalam berinvestasi di beberapa kelas aset, seperti di obligasi pemerintah dan real estate.

Namun, Bill Gates mengatakan, dirinya optimistis terhadap perekonomian Amerika Serikat dan perekonomian global.

"Anda bisa saja berpikir bahwa imbal hasilnya tidak terlalu tinggi, namun itu memang benar jika dibandingkan dengan semua kelas aset," ujar Gates.

Dengan begitu, jika dijumlahkan peningkatan harta yang terjadi tahun ini dengan kekayaan yang telah ia miliki, Bill Gates secara total memiliki harta sebesar US$106 miliar dan masih bertengger di posisi kedua sebagai orang terkaya di dunia.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Bill and Melinda Gates Foundation, Yayasan Terkaya di Dunia
TVONE NEWS - lewat 2 tahun lalu