Kilangnya Nyaris Terbakar, Pertamina Gerak Cepat

Kebakaran Lahan di Muarojambi Meluas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

VIVA – Tak hanya menimbulkan kabut asap, kebakaran hutan dan lahan juga kerap menjalar ke area yang berbahaya. Seperti yang terjadi di Jambi, kebakaran lahan sudah mulai masuk ke kawasan hutan lindung.

Sementara, di Riau ladang minyak milik PT Pertamina terancam akibat ulah tersebut. Dilansir dari VIVAnews, Sabtu 21 September 2019, pantauan udara menunjukkan bagaimana asap mengepul di Hutan Lindung Gambut Londerang. Petugas sibuk memadamkan api, baik dari darat maupun udara.

Public Relation Manager Pertamina EP, Hermansyah Y Nasroen mengungkapkan, perusahaannya siap mendukung pemerintah untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

“Kami meningkatkan kewaspadaan, supaya kebakaran tidak berdampak pada operasional, terutama terhadap fasilitas produksi dan sumur di lokasi,” ujarnya.

Selain membangun jembatan sementara untuk akses pemadam, Pertamina EP juga menyediakan konsumsi untuk tim pemadam, alat berat dan alat pemadam, serta masker.

Sementara itu, Pertamina sendiri juga menyediakan truk pengisi bahan bakar jenis avtur, dengan kapasitas 16 kiloliter. Hal itu dilakukan, untuk memenuhi kebutuhan bakar bakar helikopter water bombing yang beroperasi memadamkan kebakaran.

Dalam hal distribusi BBM, Unit Manager Communications, Relations and CSR Marketing Operation Region I Pertamina, Roby Hervindo menjelaskan, kabut asap tidak menghambat penyaluran ke SPBU.

"Hingga September 2019, lebih dari 563 juta liter Premium telah disalurkan. Sementara, konsumsi Pertamax series mencapai 15,3 juta liter," ungkapnya.

Sebagai informasi, Pertamina baru saja selesai menggelar program Berkah Energi Pertamina, yang dimulai pada tahun lalu. Acara ini merupakan apresiasi Pertamina, kepada konsumen yang loyal terhadap produk-produk unggulan mereka.

“Dengan adanya BEP, masyarakat makin paham akan produk unggulan Pertamina, baik BBM seperti  Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex, LPG Bright Gas, maupun pelumas Pertamina Enduro dan Fastron,” tutur Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman.

Dalam program tersebut, ada berbagai hadiah menarik yang dibagikan dengan cara undian. Mulai dari mobil Mercedes-Benz C300 AMG, mobil Toyota Innova, motor Harley-Davidson, motor Yamaha NMax, dan paket umroh.