Hore! Isi Ulang Brizzi Bisa Lewat Traveloka

Kerja sama BRI dan Traveloka.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan layanan isi ulang (top-up) kartu uang elektronik Brizzi lewat aplikasi Traveloka. Melalui kerja sama ini, maka para pengguna Brizzi dapat dengan mudah mengisi ulang saldo kartu berkat fitur Near Field Communication (NFC) dengan aplikasi Traveloka.

Menurut Direktur Konsumer BRI, Handayani, bukan hanya memudahkan, tapi inovasi ini juga digencarkan sebagai upaya meningkatkan pengembangan ekosistem pembayaran digital dan cashless society di Indonesia.

Ia mengatakan, hingga akhir Agustus 2019, tercatat sebanyak 14,9 juta kartu Brizzi telah beredar dengan jumlah transaksi 391 juta transaksi. Angka ini tumbuh 62 persen secara tahunan (year on year/yoy).

“Melihat pertumbuhan yang signifikan, maka kami optimis di akhir tahun 2019 ini akan mencapai target 15,5 juta kartu beredar. Dari kerja sama dengan Traveloka ini diharapkan ada penambahan 500 ribu kartu Brizzi," katanya di Jakarta, Senin, 7 Oktober 2019.

Handayani pun optimistis dapat mencapai angka tersebut, mengingat Traveloka memiliki banyak fitur promo dan layanan, seperti halnya Traveloka Eats.

Pada kesempatan yang sama, President Traveloka Group of Operations, Henry Hendrawan mengaku, lewat kerja sama ini ingin mempermudah pengalaman pengguna saat melakukan kegiatan lifestyle.

Lebih jauh ia menjelaskan Traveloka memiliki tiga bisnis utama, yaitu traveling, lifestyle, dan financial services. Ketiga layanan ini otomatis mencakup pada tiga bisnis lainnya seperti untuk pembayaran tol pada lingkup traveling, yang dapat digunakan di merchant Brizzi sebagai alat pembayaran.

"Misalnya lagi jalan-jalan. Tiba-tiba uang elektroniknya habis. Bisa langsung isi ulang dan update saldo, sekaligus dalam satu platform di smartphone. Pokoknya lengkap," ungkap Henry.

Ia pun menerangkan cara top-up Brizzi di aplikasi Traveloka. Untuk bisa menikmati fitur ini, pengguna Brizzi harus mengunduh aplikasi Traveloka terbaru atau versi 3.15.3 ke atas dan menggunakan smartphone ber-NFC.

"Setiap transaksi dikenakan biaya admin sebesar Rp1.500," paparnya. Berikut beberapa langkah mudah top-up Brizzi di aplikasi Traveloka:

1. Pastikan fitur NFC pada smartphone telah aktif.
2. Buka aplikasi Traveloka versi 3.15.3 ke atas, lalu pilih ikon produk Bills & Top-up (Tagihan & Isi Ulang).
3. Pilih Electronic Money (Uang Elektronik).
4. Tempelkan kartu BRIZZI ke bagian belakang smartphone lalu aplikasi Traveloka akan secara otomatis membaca informasi dan saldo kartu Brizzi.
5. Masukkan nominal penambahan saldo. Pengguna dapat menambah jumlah saldo mulai dari Rp10 ribu hingga Rp1 juta.
6. Setelah transaksi pembayaran berhasil, pengguna dapat mengaktifkan saldo tersebut dengan menggunakan NFC dengan cara membuka halaman update saldo yang bisa diakses melalui Daftar Pesanan.
7. Tempelkan kartu BRIZZI ke smartphone lalu aplikasi akan membaca dan mengonfirmasi saldo kartu BRIZZI yang sudah diperbaharui.
8. Apabila proses pengaktifan saldo di aplikasi Traveloka mengalami gangguan, pengguna juga dapat melakukan pengaktifan saldo melalui cabang Bank BRI, agen BRILINK, dan merchant berlogo BRIZZI, seperti Indomaret atau Alfamart terdekat.