Cool Japan Fund Suntik Gojek Rp700 Miliar, Apa yang Dibidik?

Logo baru Gojek.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Aplikasi transportasi online Gojek disuntik oleh Cool Japan Fund sebesar US$50 juta atau hampir Rp700 miliar. Cool Japan Fund adalah badan pemberi dana swasta di bawah Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang.

Seperti dikutip dari Asia Nikkei, Rabu, 16 Oktober 2019, investasi ini bertujuan untuk menambahkan konten khas Jepang ke dalam penawaran streaming video baru perusahaan multi-layanan, serta mempromosikan kuliner asal negeri Matahari Terbit.

Khusus kuliner, dengan investasi ini diharapkan bisa membantu restoran Jepang di Indonesia menjadi mitra merchant Gojek melalui Gofood Festival.

Go-Food Festival adalah jaringan pujasera terbesar di Indonesia yang menampilkan pedagang terlaris pada layanan pengiriman makanan.

Seperti diketahui, pengguna Gojek yang terdaftar mencapai 80 juta orang di mana mereka menggunakan banyak layanan yang tersedia di aplikasi pada ponsel. Mulai dari transportasi online (ojek dan mobil) sampai pengiriman makanan dan pembayaran secara online.

Sebelum Cool Japan Fund, investor Jepang yang sudah menyuntikkan dananya di Gojek adalah Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada 8 Juli 2019 melalui pendanaan Seri F. Chairman of Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Masuko, mengatakan bahwa Mitsubishi bersemangat melakukan kerja sama dengan Gojek.

"Tantangan ke depan pasti akan semakin sulit. Kami membutuhkan mitra untuk bekerja sama untuk berkembang, termasuk dengan perusahaan seperti Gojek," kata dia.

Menurutnya, menjalankan bisnis pada 100 tahun lalu sangat berbeda dengan tantangan 100 tahun ke depan. Dulu, kata dia, manufaktur di seluruh dunia termasuk mudah memulai bisnis mereka. 100 tahun kemudian tantangannya akan semakin ketat.

Dengan Gojek, lanjut Masuko, akan banyak belajar apapun business opportunity yang akan dikembangkan bersama Mitsubishi. Misalnya saja tentang berbagai kemungkinan lahirnya layanan mobilitas baru. Namun sayangnya, nilai investasi Mitsubishi di pesaing Grab ini tidak disebutkan.

Sebelumnya, Gojek disebut telah berhasil mengumpulkan pendanaan Seri F senilai US$1 miliar. Mitsubishi Corp disebut turut serta menyuntikkan dana yang dipimpin oleh Google, JD.com, dan Tencent Holdings Ltd. Sebelumnya, PT Astra International Tbk juga dikabarkan telah mengucurkan US$100 juta pada Gojek akhir Maret 2019.