Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 21 Oktober 2019 | 17:52 WIB

Saran untuk Pengusaha Lokal, Jangan Bersaing dengan Produk China

Foto :
  • wartaekonomi
Jaloor.com Bantu Ekspor Produk UKM Tanpa Masalah Tanpa Ribet. (FOTO: Jaloor.com)

Pertumbuhan ekonomi Tanah Air ikut mendorong ekspansi usaha kecil dan menengah (UKM) domestik. Tapi sayang, menurut catatan Kementerian Perindustrian, akses UKM terhadap beberapa hal pendukung masih sangat lemah. Salah satunya fasilitas ekspor.

Ekspor produk UKM ke luar negeri jelas menjadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi karena akan berkontribusi bagi devisa negara. Hanya saja banyak pengusaha UKM saat ini yang merasa kesulitan dalam melakukan ekspor produk mereka.

Baca Juga

Kesulitan yang dihadapi oleh para pelaku UKM tersebut, seperti dituturkan Faizal Al Edrus selaku pendiri Jaloor.com, adalah proses pengiriman produk yang harus mengikuti serangkaian prosedur, mulai bea pajak, pengurusan dokumen dari dalam ke luar negeri hingga proses di negara tujuan.

"Dengan pengalaman, kami menjalankan bisnis impor selama beberapa tahun ini yang prosesnya kurang lebih sama dengan ekspor, maka kami membangun platform Jaloor.com untuk membantu para pengusaha UKM melakukan ekspor produk-produk mereka ke luar negeri," ungkap Faizal, Senin (21/10/2019).

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa kesulitan pelaku UKM dalam melakukan ekspor adalah selama ini pengusaha mendefinisikan ekspor itu sendiri volumenya harus berkontainer-kontainer, harus dalam jumlah besar. Belum lagi harus mengetahui berbagai istilah dalam ekspor-impor.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Ekspor Melemah, Presiden Jokowi Tegur Menteri Perdagangan
TVONE NEWS - lewat 2 tahun lalu
Terpopuler