Menteri Sofyan Djalil Yakin Ekonomi Syariah Cepat Berkembang di RI

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Indonesia diprediksi sebagai negara yang perekonomiannya bisa tumbuh dengan cepat, jika dibandingkan dengan banyak negara berkembang lainnya. Salah satu faktor pendukungnya, bisa jadi adalah ekonomi syariah yang kini mulai dikenal di kalangan masyarakat. 

Tak heran, jika Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil mengatakan, pertumbuhan ekonomi syariah akan semakin meningkat untuk membantu perekonomian nasional dan hanya tinggal menunggu waktu saja.

“Alhamdulillah, ekonomi syariah kita semakin dinamis, semakin besar dan semakin memberikan kontribusi kepada masyarakat,” ujarnya di Jakarta, Rabu 20 November 2019.

Sofyan mengatakan, dirinya melihat ekonomi syariah memang belum terlalu signifikan bertumbuh. Tetapi, saat ini hampir semua lembaga keuangan di Tanah Air sudah memiliki usaha atau unit anak usaha syariah. Menurut dia, semua hanya soal waktu saja, sistem ini bisa membantu perekonomian nasional.

“Itu masalah waktu saja. Kita lihat semua bank, asuransi syariah, pasar modal indeks yang memenuhi syarat syariah,” ujarnya.

Di samping itu, Sofyan mengatakan untuk ekosistem lain juga ekonomi syariah memiliki filantropi yang semakin bagus. Apalagi, Indonesia diketahui mayoritas penduduknya muslim.

“Maka, kita harapkan sistem ekonomi syariah dan seluruh ekosistem syariah menjadi lebih baik. Sehingga, pertumbuhan ekonomi semakin baik dan income meningkat, maka perekonomian Indonesia semakin bagus,” jelas dia.