Platform Klaim Asuransi Lokal Ini Jamin Data Medis Pengguna Aman

Asuransi kesehatan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Revolusi industri 4.0 merupakan tren industri saat ini di mana segala sesuatunya sangat berhubungan dengan teknologi digital, komputer, internet, artificial intelligence (AI), hingga cyber-physical system.

Era ini membutuhkan inovasi teknologi untuk menunjang kualitas layanan, tak terkecuali industri kesehatan.

Berkaca dari hal tersebut, PT Medlinx Asia Teknologi meluncurkan Iziklaim, sebuah platform business to business (B2B) berbasis web yang siap membantu rumah sakit dan perusahaan asuransi dalam urusan klaim asuransi para pengguna.

PT Medlinx Asia Teknologi merupakan penyedia jasa layanan teknologi informasi yang memfokuskan diri untuk mendukung dunia kesehatan di Indonesia sejak 2010.

Menurut Chief Operating Officer, Timur Bawono, Iziklaim merupakan solusi web klaim asuransi kesehatan yang mudah dan cepat dioperasikan.

Dengan tampilan yang lebih fresh dan lite, Iziklaim menawarkan kemudahan proses klaim asuransi kesehatan untuk mendukung pelayanan kepada peserta asuransi dan TPA rekanan Medlinx.

Timur mengaku bahwa Iziklaim telah dilengkapi dengan beberapa fitur baru, antara lain, Tooltips, Notifikasi, Chat Us, dan Transaksi Hari ini.

"Platform kami saat ini sudah dapat digunakan oleh lebih dari 1.300 RS/klinik rekanan Medlinx di seluruh Indonesia," katanya di Jakarta, Rabu, 20 November 2019.

Ia melanjutkan, apabila menambahkan EDC, maka Sistem Klaim Medlinx secara total sudah digunakan oleh lebih dari 1.800 RS/klinik rekanan Medlinx.

Selain Iziklaim, inovasi lain yang dihadirkan Medlinx adalah teknologi Chatbot dan Callbot (Virtual Assistant melalui chat dan call), dan AI (artificial intelligence) Integration lainnya dan solusi-solusi berbasis teknologi di bidang kesehatan lainnya.

"Dunia kesehatan sangat berkembang sangat luar biasa saat ini. Kami hadir untuk menghubungkan antara rumah sakit dengan pasien. Sepuluh tahun silam Medlinx berupa mesin EDC. Mulai tahun 2012, Medlinx dapat diakses melalui website. Dan, tahun ini, kami sempurnakan website berupa Iziklaim," ungkap dia.

Sementara itu, Product Management Senior Manager Medlinx Asia Teknologi, Sri Resy Khrisnawati, menjelaskan alasannya melakukan rebranding platform dan bukan melakukan pembaruan biasa.

"Platform ini menjamin keamanan data pengguna seperti rekam medis hingga data diri mereka. Hal tersebut dikarenakan Iziklaim tidak menyimpan data tersebut dan hanya nomor polis asuransi setiap end-user saja," jelas Sri.