Persiapan Paviliun Indonesia Jelang Expo 2020 Dubai

Keindahan Kota Dubai, Uni Emirat Arab.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Presiden Jokowi memprioritaskan Expo 2020 Dubai untuk memasarkan produk-produk dalam negeri. Tak heran jika pemerintah sampai membahas khusus dalam rapat kabinet terbatas.

Menurut Jokowi, Expo 2020 Dubai adalah event ketiga terbesar setelah piala dunia dan olimpiade. Pameran ini merupakan ajang ekspo penemuan teknologi dan inovasi industri yang diikuti kurang lebih 190 negara.

"Saya ingin supaya ajang ini dimanfaatkan untuk memasarkan produk-produk unggulan Indonesia baik itu sektor perdagangan, pariwisata, hingga membuka peluang investasi internasional, khususnya di pasar Timur Tengah," ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Kementerian Perdagangan terus bersiap mengikuti Expo 2020 Dubai, yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Dody Edward mengatakan, Paviliun Indonesia membawa optimisme bahwa segenap pemangku kepentingan akan bekerja optimal untuk bersinergi menampilkan paviliun yang menggambarkan Indonesia di masa depan.

Ia memperkirakan keikutsertaan Indonesia di Expo 2020 Dubai memerlukan biaya hingga Rp400 miliar. Selain dana berasal dari pemerintah, pihak swasta digandeng untuk berkontribusi menjadi sponsor untuk Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai.

“Kami terus mendorong agar Kementerian/Lembaga, Pemda dan sponsor untuk terus mempersiapkan diri memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden untuk mensukseskan Expo 2020 Dubai," kata Dody di Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

Sementara itu, pelaku usaha Indonesia yang menjadi sponsor Expo 2020 Dubai mulai 'membocorkan' gambaran informasi yang disajikan pada Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai.

Mereka mengharapkan momentum terbentuknya Kabinet Indonesia Maju pada kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini semakin mendorong semangat kebersamaan Indonesia menuju Expo 2020 Dubai dan Indonesia Emas 2045.

Salah satunya PT Astra International Tbk, yang juga sponsor utama Paviliun Indonesia. Boy Kelana Soebroto, selaku head of Corporate Communications Astra International mengaku jika Expo 2020 Dubai adalah kali ketiga yang diikuti setelah World Expo 2010 Shanghai dan World Expo 2015 Milan.

"Kami berharap melalui dukungan di Expo 2020 Dubai bisa turut mengharumkan nama bangsa melalui Paviliun Indonesia," jelas Boy. Sebagai informasi, Paviliun Indonesia terletak di jalur utama di distrik “Opportunity” yang strategis dengan luas lahan 1.860 meter persegi.

Paviliun bertema “Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity” ini akan terdiri dari 3 lantai. Setiap lantai akan memiliki cerita berbeda tapi saling terkait dan berkelanjutan. Semua cerita yang ada di tiap lantai akan ditampilkan secara entertainment, interaktif, dan futuristik.