Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 6 Desember 2019 | 07:24 WIB

Tanpa Mall, Pendapatan per Kapita Banyuwangi Rp48 Juta

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Ahmad Farhan Faris
Foto :
  • Viva.co.id/Rahmad Noto Kontributor Jawa Timur
Wisata Pantai Grand Watu Dodol (GWD) Banyuwangi

VIVA – Para pelaku industri di Indonesia semakin optimis, tahun 2020 akan mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi yang sangat baik, terutama pelaku industri kreatif serta usaha mikro kecil dan menengah?.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, usaha UMKM harus diperkuat. Makanya, kata dia, Banyuwangi itu tidak mengizinkan adanya minimarket maupun mall.

Baca Juga

"Policy kami, mohon maaf tidak mengizinkan minimarket. Sudah 10 tahun di Banyuwangi, begitu juga mall, saya tidak izinkan, sudah sembilan tahun," kata Anas di Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.?

Meskipun di Banyuwangi tidak ada pusat perbelanjaan seperti mall, kata Anas, pendapatan per kapitanya itu jauh lebih merata dibanding kota-kota besar di Indonesia.

Terpopuler

Dulu, kata dia, di Banyuwangi pendapatan per kapitanya hanya Rp20 juta per orang per tahun, jauh dibandingkan Malang, Jember, Kediri dan kota-kota lainnya.

Tetapi, kata dia, sekarang Malang itu sekitar Rp34 juta, Madiun Rp27 juta, dan Banyuwangi sudah kurang lebih Rp48 juta per orang per tahun.

"Kalau Indonesia semua pasar modern diberi karpet merah sampai ke kampung-kampung, maka yang ada itu orang kaya semakin kaya dan orang miskin semakin miskin," jelasnya.

Anas mengungkapkan, ke depan perlu adanya kolaborasi pemerintah daerah dan swasta untuk menguatkan UMKM. Sebab, sebagian daerah masih tergantung dana transfer dan PAD (pendapatan asli daerah). Sedangkan, terkadang PAD sebagian besar tidak tercapai.

"Maka, menurut saya ke depan kuncinya kolaborasi dengan swasta," kata dia.

Menurut dia, kolaborasi itu sangat penting, karena menjadi salah satu alternatif pengembangan UMKM yang tumbuh di daerah-daerah dan pedesaan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Polisi Gagalkan Penyelundupan 7.040 Benih Lobster
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu