Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 17 Januari 2018 | 00:00 WIB

Plus Minus KTA Tanpa Kartu Kredit yang Harus Diketahui

Team VIVA »
Ririn Aprilia
Foto :
Kredivo, fasilitas kredit instan online tanpa kartu kredit

VIVA – KTA tanpa kartu kredit merupakan salah satu produk perbankan yang kini digemari sekaligus dicari oleh banyak orang. Tak heran, karena dengan dicoretnya kartu kredit sebagai syarat wajib pengajuan KTA tentunya proses pengajuan akan jauh lebih mudah dan cepat.

Sebagai salah satu inovasi dari produk pinjaman, KTA tanpa kartu kredit tak lagi hanya sebatas pinjaman berupa dana tunai yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan, melainkan juga tersedia dalam bentuk kredit untuk belanja online.

Baca Juga

Untuk pinjaman berupa dana tunai, beberapa bank besar dan ternama di Indonesia sudah memiliki produk khusus KTA tanpa kartu kredit. Sementara untuk bentuk kredit non tunai, ada beberapa lembaga atau perusahaan yang menyediakan fasilitas kredit instan online tanpa kartu kredit, salah satunya adalah Kredivo.

Seiring dengan kemudahan yang ditawarkan, tentu ada sisi plus dan minus yang harus diperhatikan sebelum Anda mengajukan KTA tanpa kartu kredit.

Terpopuler

Apa saja? Berikut ulasannya.
Sisi plus atau kelebihan KTA tanpa kartu kredit:
1.    Prosesnya mudah, cepat, dan bahkan online
Dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit ini biasanya lebih sedikit dibanding KTA biasa.

Persyaratan ini umumnya meliputi minimum jumlah penghasilan antara Rp3-6 juta, usia minimum di atas 18 tahun, dan fotokopi dokumen pribadi seperti KTP, KK, slip gaji, NPWP, hingga rekening tabungan. Beberapa bank biasanya juga mensyaratkan kepemilikan rekening payroll di bank tersebut.

Untuk bank, pengajuan prosesnya kemungkinan masih konvensional atau datang langsung ke bank dengan membawa berbagai dokumen persyaratan. Namun, ada juga bank dan perusahaan penyedia layanan kredit instan yang sudah menerapkan sistem online dari awal hingga akhir, seperti Kredivo.

Anda hanya perlu  mengambil foto semua dokumen, lalu unggah atau upload melalui aplikasinya, tunggu proses approval dalam waktu singkat, yaitu 1 x 24 jam. Anda bisa mendapat limit hingga 20 juta dengan pilihan pembayaran dalam 30 hari dan cicilan hingga 12 bulan. Limit kredit ini bisa kamu gunakan untuk berbelanja di lebih dari 150 merchant online di Indonesia. Tentunya lebih efektif dan efisien.

2.    Tidak memerlukan jaminan atau pun kartu kredit
Untuk KTA reguler, hampir semua bank mensyaratkan kepemilikan kartu kredit minimal 1 tahun bagi calon debitur yang ingin mengajukan pinjaman. Dengan adanya kartu kredit, pihak bank dapat melihat histori kredit calon debitur yang kemudian akan dijadikan bahan penilaian untuk menerima atau menolak pengajuan KTA.  

Sesuai dengan namanya, KTA tanpa kartu kredit tentu tidak membutuhkan jaminan sekaligus juga tidak membutuhkan kartu kredit dalam prosesnya. Sebagai gantinya, pihak bank atau lembaga penyedia kredit akan membutuhkan slip gaji atau bukti penghasilan beserta histori rekening koran tabungan Anda 3 bulan terakhir untuk memproses pinjaman.

Hal ini tentunya semakin memudahkan siapa saja yang belum pernah punya histori kredit, namun sedang dalam kondisi butuh pinjaman dana.

3.    Plafon pinjaman bervariasi dengan beragam pilihan tenor
Jumlah pinjaman dan pilihan tenor yang diberikan oleh pihak bank atau lembaga penyedia kredit kepada calon debitur biasanya bervariasi dan disesuaikan dengan aplikasi calon debitur.
Besar atau kecilnya pinjaman yang diberikan pihak bank juga dipengaruhi oleh perhitungan rasio utang calon debitur. Hal ini dilakukan agar menghindari kredit macet. Rasio utang sebaiknya tidak melebihi 30% dari total penghasilan. Jika lebih, Anda tentunya akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup yang lainnya.

4.    Kebutuhan apa pun mudah terpenuhi
Adanya pinjaman dana tunai tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit tentu sangat membantu mempermudah berbagai urusan. Sebagian orang, mengajukan pinjaman ini untuk berbagai tujuan misalnya saja untuk renovasi rumah, biaya rumah sakit, mengurus pernikahan, pendidikan, bisnis, dan lain sebagainya.

Ada juga sebagian lainnya yang memanfaatkan pinjaman ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, misalnya membeli laptop untuk bekerja atau membeli kendaraan untuk memudahkan aktivitas.  Jika Anda termasuk kelompok ini, Anda tak perlu repot mengajukan pinjaman tunai.

Anda bisa mendaftar fasilitas kredit instan online Kredivo untuk berbelanja di lebih dari 150 e-commerce di Indonesia. Dengan limit kredit nontunai hingga Rp20 juta dan pilihan tenor cicilan 3, 6, dan 12 bulan, Anda bisa membeli barang yang Anda butuhkan untuk menunjang produktivitas di toko online dengan mudah.

Sisi minus atau kekurangan KTA tanpa kartu kredit
1.    Suku bunga relatif tinggi
Sebagai pengganti dari tidak adanya jaminan apa pun yang diberikan, pihak bank atau penyelenggara kredit biasanya meminimalisasi risiko kredit macet dengan cara memberikan suku bunga tetap yang cukup besar, yaitu sekitar 3%. Namun, ini tentu bisa diatasi dengan pilihan tenor yang panjang, sehingga beban yang harus dibayarkan per bulannya tidak terlalu besar.

Tidak semua bank atau penyedia layanan kredit memberikan bunga yang besar. Ada juga yang memberikan bunga yang kompetitif dan tidak berbeda jauh dengan produk pinjaman lainnya. Misalnya, Kredivo yang memberikan bunga tetap yaitu  2,95% per bulannya dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membandingkan antara penyedia kredit satu dengan penyedia kredit lainnya dalam hal tingkat suku bunga sebelum mengajukan pinjaman. Dengan mendapatkan suku bunga yang terbaik & rendah, beban cicilan Anda tentunya menjadi tidak terlalu berat.  

2.    Ada biaya keterlambatan bayar dan biaya penalti
Sama halnya seperti kartu kredit, ada biaya keterlambatan sekitar 3% yang akan dibebankan kepada Anda jika telah melewati jatuh tempo pembayaran pinjaman. Selain itu, beberapa bank juga membebankan biaya penalti yang cukup besar, yaitu sekitar 6% jika Anda ingin melunasi pinjaman lebih cepat dari waktu tenor yang disepakati.  

Maka sebaiknya, sebelum mengajukan pinjaman, Anda harus membandingkan dengan cermat antara pihak penyelenggara kredit satu dengan yang lainnya untuk menghindari kerugian di kemudian hari.

Jika Anda berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, dan Medan, Kredivo bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak menginginkan adanya pembebanan biaya penalti pada pinjaman KTA Anda.

3.    Adanya biaya provisi atau biaya admin
Beberapa bank juga membebankan biaya provisi atau biaya admin sekitar 1% hingga 3% dari jumlah pinjaman kepada calon debitur. Biaya ini biasanya akan dikemukakan dan disepakati di awal terlebih dahulu, kemudian dipotong langsung dari dana pinjaman ketika pencairan.

Sebagian bank atau penyelenggara kredit lainnya seperti Kredivo tidak membebankan biaya provisi, biaya admin, uang muka, atau pun biaya tahunan kepada calon debitur. Anda hanya perlu membayar jumlah cicilan dan bunga yang telah disepakati per bulannya.  (webtorial)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Sebelum Pelantikan, Maruf Amin Jalan Pagi Bersama Istri
TVONE NEWS - 12 menit lalu