Gara-gara Nyanyi Pakai Bra Viral, Penyanyi Gempal Diancam Dibunuh

Penyanyi Kyrgistan diprotes dan diancam dibunuh karena video klip lagunya
Sumber :
  • Sumber Video BBC

VIVA – Penyanyi wanita di Kyrgyzstan bernama Zere langsung viral atas video klip lagunya yang menyampaikan simbol tak biasa. Zere dalam video klip musiknya hanya mengenakan pakaian dalam bra yang dipakaikan dengan blazer terbuka.

Dikutip dari laman BBC, video Zere kemudian viral dan direspons oleh banyak pihak. Sebagian besar pihak di negara itu mengecam penampilan Zere.

"Dari situ saya hanya ingin sampaikan bahwa lihatlah wanita bukan karena pakaiannya namun karena dia apa adanya, dia harus memiliki hak berpakaian," kata Zere.

Lagu itu kata dia sengaja dia buat sebagai tantangan bagi para wanita yang harus bisa mendobrak kebiasaan di negara tradisional yang sering menindas kaum Hawa.

Diketahui bahwa Kyrgyzstan merupakan negara Asia Tengah yang berbatasan dengan China dan kebanyakan warganya adalah Muslim. Sebagian besar mereka adalah Muslim yang menggunakan bahasa Turki. Negara itu akhirnya lepas pada 1991 dari Uni Soviet setelah Soviet runtuh dan Kyrgyzstan menjadi negara merdeka.

Selain mendapat kecaman dan cemoohan, Zere juga disebutkan sampai mendapatkan ancaman pembunuhan. Diketahui bahwa pada zaman dahulu di Kyrgyzstan, perempuan yang menampakkan bagian tubuhnya secara terbuka bahkan bisa dihukum mati. Hal itu disampaikan para orangtua menyaksikan pengalaman yang pernah terjadi di negara itu.