Jadi Ketua MIKTA, Meksiko Janjikan Hal-hal Berikut ke RI dan Anggota

Meksiko menjadi ketua MIKTA
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA – Meksiko berkomitmen untuk mempromosikan kesejahteraan sosial dan mencapai masyarakat yang lebih sejahtera selama menjabat sebagai ketua MIKTA.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Meksiko, Julian Ventura Valero, dalam pertemuan 14th MIKTA Foreign Ministers di Yogyakarta. MIKTA merupakan kerja sama inovatif yang terdiri atas beberapa negara yakni Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia.

"Semua anggota telah menjabat sebagai koordinator MIKTA untuk periode satu tahun, sekarang saatnya bagi Meksiko untuk mengambil peran itu lagi. Kami merasa terhormat dan siap memikul tanggung jawab ini," kata Valero di Yogyakarta, Kamis 7 Februari 2019, dalam keterangan resminya.

Valero menegaskan, selama keketuaan tahun ini, Meksiko akan mengadopsi tema "Pembangunan Sosial, Pemerintahan Global dan Masa Depan yang Berkelanjutan" yang secara langsung akan mempromosikan kesejahteraan dan mengurangi kesenjangan.

Dalam hal ini, Meksiko akan mengusung kolaborasi pada tiga bidang utama yaitu kerja sama ekonomi untuk pembangunan sosial, penguatan multilateralisme dan kolaborasi dalam organisasi internasional serta fokus pada pembangunan berkelanjutan dengan penekanan pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDG).

"Kami akan bekerja sama untuk mempromosikan perdagangan dan investasi, untuk lebih mengintegrasikan perusahaan baru dan UKM ke dalam rantai nilai global serta mendorong kerja sama dalam pariwisata," ujar Valero.

Selain itu, untuk memperkuat multilateralisme, Meksiko berkomitmen untuk membantu organisasi internasional agar lebih kuat, lebih efisien, dan lebih transparan.

"Kami akan bekerja secara intens dengan mitra MIKTA untuk mewujudkan prioritas yang telah kami tetapkan untuk tahun ini," kata dia. (art)