Tren Baru di India, Kumis Pilot Abhinandan yang Dibebaskan Pakistan

Gambar pilot pesawat tempur India Abhinandan Varthaman yang baru-baru ini dibebaskan oleh Pakistan.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Pilot pesawat tempur India Abhinandan Varthaman, yang baru-baru ini dibebaskan oleh Pakistan, telah menjadi tokoh nasional, menginspirasi karya seni, iklan dan bahkan mungkin, tren dalam mode rambut wajah.

Kumisnya yang khas telah mendapatkan popularitas di negaranya, membuat banyak pria ingin memiliki kumis yang sama.

Sang pilot menjadi pahlawan nasional tak lama setelah dia tertangkap karena pasukan Pakistan menembak jatuh jet tempurnya.

Akhirnya dia dibebaskan dan kembali ke rumah pada hari Jumat silam.

Sejak itu, sang pilot menjadi viral di media sosial dengan banyak orang India memuji kumisnya sebagai tanda keberanian.

Amul, merk susu paling populer di negara itu membuat iklan berdasar tren sosial, dengan membuat video yang mengagung-agungkan kumis sang pilot.

Kumis gaya stang tidak jarang di India, dan identik dengan penjahat Bollywood yang flamboyan, perwira militer dan polisi yang angkuh dan bahkan penyelundup terkenal.

Tapi reputasi kumis stang tampaknya telah diselamatkan selama beberapa hari terakhir karena menjadi identik dengan keberanian dan patriotisme.


gambarTejas Chowdhary menginginkan kumis "Abhinandan" - BBC

Setidaknya satu salon rambut di kota selatan Bangalore menawarkan potongan rambut dan kumis gratis pada hari Senin kepada siapa pun yang ingin terlihat seperti pilot pesawat tempur itu.

"Abhinandan telah melakukan begitu banyak hal bagi negara kami. Saya merasa bahwa saya harus mencoba dan membuat setiap wajah tampak seperti miliknya," Nanesh Thakur, pemilik salon, mengatakan kepada Imran Qureshi dari Hindi BBC.

Yang membuatnya kecewa - atau mungkin lega - hanya tiga orang yang memenuhi syarat untuk kumis "Abhinandan".

Tejas Chowdhary, yang merupakan salah satu yang beruntung, mengatakan dia melakukan itu untuk pilot pesawat tempur, menambahkan: "Dia telah melakukan begitu banyak hal untuk negara kita, tidak bisakah saya melakukan ini sebanyak ini?"


Pemilik salon menyebut ingin melakukan tugasnya bagi negara. - BBC


Sang pilot dibebaskan pada Jumat lalu. - Reuters

Naveen Kumar, seorang pengemudi ambulans yang kumisnya juga dipotong ala Abhinandan, mengatakan: "Abhinandan adalah pahlawan sejati. jadi saya mau memiliki kumis seperti miliknya."

Beberapa orang yang lain tertarik pada tampilan yang sama tetapi, kata Tahkur, kumis mereka tidak cukup panjang untuk dibuat menjadi stang - gaya yang juga dikenal sebagai "Gunslinger". Sebagai gantinya, kebanyakan pria memilih potongan kumis yang menjadi ciri khas perwira militer.

Di tempat lain di seluruh negeri, beberapa orang mencuit foto diri mereka dengan kumis yang terinspirasi oleh Abhinandan.

Kebanyakan orang India pertama kali melihat pilot itu pada 27 Februari ketika kementerian informasi Pakistan merilis -dan kemudian dihapus- sebuah video yang menunjukkan dia ditutup matanya dan wajahnya berlumuran darah.

Dalam video yang diterbitkan belakangan, dia terlihat menyeruput teh dari cangkir. Dia tidak lagi ditutup matanya dan tampak sudah dibersihkan. Dia menyebut namanya, pangkat militer dan mengatakan dia berasal dari "selatan", tetapi menolak membagikan rincian misinya, menambahkan: "Saya tidak seharusnya memberi tahu Anda tentang itu."


Kepulangan Abhinandan dirayakan di seluruh India. - Getty Images

Klip itu menjadi viral dengan banyak orang yang memuji keberanian dan sikapnya yang tenang. Segera, tagar #BringBackAbhinahan, atau kembalikan Abhinahan, menjadi tren dan Twitter dibanjiri doa untuk kepulangannya dengan aman.

Kerumuman orang yang mengibarkan India memadati perbatasan Wagah di negara bagian Punjab, tempat dia diserahkan kepada para pejabat India pada Jumat silam.

Berita kepulangannya disambut dengan kembang api di beberapa kota di India, termasuk ibu kota Delhi.