Pyongyang Gempa, Diduga akibat Ledakan Aktivitas Bangun Senjata

Area Korea Utara dalam rekaman kamera di ISS
Sumber :
  • www.businessinsider.co.au/UrtheCast

VIVA – Gempa bumi berkekuatan 2,1 Skala Richter mengguncang kota Pyongyang di Korea Utara pada Kamis, 7 Maret 2019. Gempa ringan itu diduga terjadi akibat perbuatan manusia. Administrasi Meteorologi Korea (KMA) menunjukkan bahwa getaran itu adalah dampak dari terjadinya sebuah ledakan.

"Episentrum diukur berada di dekat permukaan tanah," kata seorang pejabat KMA, seperti dilansir Straits Times, Jumat 8 Maret 2019.

Gempa tersebut terjadi hanya dua hari setelah agen mata-mata Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara membangun kembali tempat uji coba rudal jarak jauh yang dibongkar di Sohae.

Temuan ini terancam akan memperkeruh hubungan antara Amerika Serikat dan Korea Utara, pascagagalnya pencapaian kesepakatan dalam pertemuan kedua pemimpin negara di Vietnam pekan lalu. 

Kepala mata-mata Korea Selatan, Suh Hoon menyebutkan bahwa kendaraan kargo baru-baru ini terlihat bergerak di sekitar pabrik ICBM Korea Utara.

Suh juga mengatakan bahwa Korea Utara terus mengoperasikan fasilitas uranium di kompleks nuklir utama Yongbyon setelah pertemuan pertama antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un pada Juni 2018. (art)