Tahanan di Inggris Gunakan Tikus Mati untuk Selundupkan Barang

Ilustrasi Tikus
Sumber :
  • img.rasset.ie

VIVA –  Geng kriminal di Inggris menggunakan tikus mati untuk menyelundupkan barang selundupan seperti narkoba dan ponsel ke dalam penjara.

Staf di penjara pria HMP Guys Marsh di Dorset menemukan tiga hewan pengerat yang telah dijahit di bagian perut. Penyelidikan selanjutnya mengungkapkan bahwa tikus-tikus itu telah diisi dengan telepon, pengisi daya, kartu sim dan obat-obatan.

Tikus tersebut ditemukan di dalam pagar pembatas lembaga pemasyarakatan kategori C, yang dalam beberapa waktu terakhir dianggap sebagai tahanan dengan kedisiplinan yang buruk.

Menurut pihak Kementerian Kehakiman Inggris, tikus-tikus tersebut dilemparkan oleh para anggota geng di luar penjara kepada teman-temannya yang sudah menunggu di dalam tahanan. 

Sebelumnya, geng kriminal kerap menggunakan merpati dan bola tenis untuk menyelundupkan barang dan mengelabui petugas keamanan penjara.

"Temuan ini menunjukkan betapa luar biasanya penjahat akan menyelundupkan narkoba ke penjara dan menggarisbawahi mengapa pekerjaan kami untuk meningkatkan keamanan sangat penting. Keberadaan narkoba dan ponsel di balik jeruji membuat tahanan, petugas penjara dan masyarakat berisiko," kata Menteri Penjara Rory Stewart.

"Dengan memperkuat keamanan dan pencarian, kami dapat memastikan penjara adalah tempat rehabilitasi yang akan mencegah pengulangan lebih lanjut dan menjaga keamanan publik," ujarnya, seperti dikutip dari The Guardian, Senin 25 Maret 2019.

Penggunaan narkoba telah teridentifikasi sebagai salah satu masalah utama di penjara-penjara Inggris. Dalam 12 bulan hingga Maret 2018, ada 13.119 insiden di mana narkoba ditemukan di penjara di Inggris dan Wales. Penggunaan ponsel juga meningkat menjadi 10.643 kali sepanjang tahun 2017-2018.