Jokowi dan Raja Salman Sepakati Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Festival Janadriyah, Riyadh, Arab Saudi.
Sumber :
  • Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout

VIVA – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana beribadah umrah di Mekah, Arab Saudi. Di sana, Presiden bahkan diundang khusus oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, di Istana Pribadi Raja di Riyadh, 14 April 2019.

Jokowi tiba di Istana Raja pada 13.50 waktu setempat. Dalam siaran pers Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi dan Iriana disambut langsung oleh Raja Salman di halaman depan Istana Pribadi Raja.

“Saya merasa berbahagia sekali karena hari ini diundang Sri Baginda Raja ke Istana ini,” kata Presiden Jokowi.

“Saya juga senang Presiden Jokowi bisa memenuhi undangan saya,” kata Raja Salman.

Dalam kunjungan ke Istana Al-Qasr Al-Khas itu, Jokowi dan Iriana dijamu santap siang. Sejumlah menu disuguhkan Raja Salman, yang merupakan makanan khas Timur Tengah, seperti sup harira, daging iga sapi, nasi mandhi dengan ayam, dan sejumlah makanan penutup dan manisan khas Arab Saudi.

Jokowi dan Raja Salman juga menyepakati berbagai kerja sama, termasuk peningkatan hubungan dan kerja sama di bidang ekonomi.

"Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, seusai pertemuan.

Indonesia berterima kasih kepada Raja Salman, yang telah memberikan kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi Jamaah Haji Indonesia. Jokowi menyampaikan apresiasi dari masyarakat Indonesia kepada Raja Salman.

“Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia,” kata Retno.

Retno, yang dalam pertemuan itu mendampingi Kepala Negara, menyebut Raja Salman mengapresiasi Indonesia dalam keterlibatan aktif dan kepemimpinannya di dunia Islam. (ase)

Lihat kedatangan Presiden Joko Widodo di Arab Saudi bersama Raja Salman pada video di bawah ini: