25 Tahun Berdiri, Jet Airways Tutup Tak Punya Uang Lagi

Jet Airways
Sumber :

VIVA – Maskapai penerbangan Jet Airways milik India yang kini tengah bermasalah keuangan akhirnya menghentikan seluruh operasional penerbangannya, baik penerbangan domestik maupun luar negeri. Hal itu terjadi setelah perusahaan gagal mendapatkan suntikan dana segar untuk membantu bisnisnya yang kian lesu.

Jet Airways menyatakan menyesal harus menghentikan operasional penerbangan. Namun mereka tak memiliki pilihan setelah mengalami kesulitan finansial yang berat. Namun pihak Jet Airways tak menutup kemungkinan perusahaannya akan bisa "terbang" lagi apabila suatu saat mendapatkan modal lagi.

Jet Airways memiliki 123 pesawat dan merupakan penerbangan komersil milik swasta terbesar di India. Meski demikian belakangan disebut hanya lima pesawat yang akhirnya dioperasikan.

Pihak maskapai juga menyatakan bahwa mereka terpaksa berhenti setelah upaya melobi peminjam tak juga lolos sementara otoritas dan pemerintah setempat tak meluluskan permintaan mereka dengan berbagai syarat yang diajukan.

Walau sebenarnya pemerintah India disebut sempat mendorong agar bank-bank milik negara di india memberikan dana talangan kepada perusahaan yang mempekerjakan hingga 23.000 orang karyawan. Walau akhirnya tak ditemukan solusi.

Perusahaan itu digawangi oleh Naresh Goyal namun pendiri Jet Airways itu akhirnya mundur bulan lalu. Jet Airways sudah berdiri sejak 25 tahun lalu.