Mendagri Inggris Tanda Tangani Perintah Ekstradisi Julian Assange

Julian Assange saat ini tengah menjalani hukuman penjara selama 50 hari karena melanggar ketentuan bebas dengan jaminan.
Sumber :
  • abc

Menteri Dalam Negeri Inggris Sajid Javid telah menandatangani perintah ekstradisi untuk mengirim Julian Assange ke Amerika Serikat.

Julian Assange terancam diekstradisi:

  • Departemen Kehakiman AS minggu ini secara resmi meminta Inggris mengekstradisi Assange
  • Pengacara Assange Jennifer Robinson mengatakan penandatanganan perintah ekstradisi adalah bagian dari proses biasa
  • Pendiri WikiLeaks itu akan menghadapi pengadilan di London pada hari Jumat untuk sidang ekstradisi

Departemen Kehakiman AS minggu ini secara resmi meminta Inggris mengekstradisi Assange untuk menghadapi dakwaan bahwa ia telah berkonspirasi untuk meretas komputer pemerintah dan melanggar hukum spionase.

Javid mengatakan kepada BBC bahwa keputusan akhir tentang ekstradisi Assange ini akan diserahkan ke pengadilan.

"Ada permintaan ekstradisi dari AS sebelum kasusnya digelar di pengadilan besok, tapi kemarin saya telah menandatangani perintah ekstradisi, mengesahkannya, dan itu akan dilakukan di depan pengadilan besok," katanya.

"Keputusan ekstradisi sepenuhnya ada di pihak pengadilan tetapi ada bagian yang sangat penting untuk Menteri Dalam Negeri dan saya ingin melihat keadilan dilakukan setiap saat.

"Kami punya permintaan ekstradisi yang sah jadi saya sudah menandatanganinya, tetapi keputusan akhir sekarang ada di pengadilan."

Pengacara Assange Jennifer Robinson mengatakan kepada ABC bahwa penandatanganan perintah ekstradisi adalah bagian normal dari proses dan tantangan ekstradisi itu sekarang baru dimulai.

Assange dicari di AS dan Swedia

Julian Assange, yang saat ini menjalani hukuman penjara 50 minggu karena melewati batas jaminan, akan menghadapi pengadilan di London pada hari Jumat untuk sidang ekstradisi.

Skenario yang telah diperingatkan akan dihadapi Assange selama bertahun-tahun akhirnya akan terjadi.

Amerika Serikat menuduhnya berkomplot untuk melakukan peretasan komputer, yang terancam dijatuhi hukuman maksimum lima tahun penjara.

Penasihat pemerintah AS Ben Brandon sebelumnya mengatakan kepada Pengadilan Magistrasi Westminster bahwa kasus yang menjerat Assange melibatkan salah satu kompromi terbesar dari informasi rahasia dalam sejarah.

Itu termasuk ratusan ribu laporan kegiatan yang berkaitan dengan perang Afghanistan dan Irak dan 250.000 pesan kabel diplomatik AS.

Dia dituduh berkonspirasi dengan mantan analis intelijen Angkatan Darat AS Chelsea Manning untuk memecahkan kata sandi untuk bisa mendapatkan akses ke informasi, yang kemudian diunggahnya di WikiLeaks.

Swedia juga telah membuka kembali penyelidikannya sendiri ke dalam dugaan pemerkosaan pada 2010 yang dibuat terhadap pendiri WikiLeaks.

Awal bulan ini, Pengadilan Distrik Uppsala menolak permintaan dari jaksa penuntut untuk menahannya secara in absentia.

Pendukung Assange berunjuk rasa didepan gedung pengadilan saat berlangsung persidangan ekstradisinya bulan lalu.

ABC News: Lincoln Rothall

Namun, putusan itu tidak berarti penyelidikan pemerkosaan awal harus ditinggalkan, hanya saja Assange tidak akan diekstradisi ke Swedia untuk saat ini.

Assange ditangkap oleh polisi Inggris dan dibawa dari kedutaan Ekuador setelah tuan rumahnya di Amerika Selatan tiba-tiba mencabut suaka yang telah diberikan kepadanya selama tujuh tahun pada bulan April.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.