Tiga Orang Rusia dan Satu Ukraina Jadi Tersangka Jatuhnya Pesawat MH17

- Reuters
Sumber :
  • bbc

Empat orang telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan terkait penembakan terhadap pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina yang menyebabkan 298 penumpang dan awaknya meninggal dunia.

Pihak penuntut Belanda telah menetapkan tersangka kepada tiga orang Rusia Igor Girkin, Sergey Dubinskiy dan Oleg Pulatov, seorang Ukraina Leonid Kharchenko.

Pengadilan kasus ini dijadwalkan dimulai di Belanda pada tanggal 9 Maret 2020. Perintah internasional telah dikeluarkan untuk menangkap keempat orang ini.

Pesawat penumpang MH17 sedang dalam perjalanan ke Amsterdam dari Kuala Lumpur ketika ditembak jatuh di kawasan Ukraina yang sedang dilanda konflik.

Pihak penyelidik menyalahkan kelompok separatis yang didukung Rusia dengan tuduhan menembak jatuh pesawat itu dengan peluru kendali buatan Rusia.

Pesawat itu jatuh di Ukraina tanggal 17 Juli 2014, saat konflik antara kelompok separatis dan tentara pemerintah sedang dalam puncaknya.

Rusia membantah adanya keterlibatan mereka dan mengatakan rudal yang menghancurkan pesawat itu ditembakkan dari wilayah yang dikuasai oleh Ukraina.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada BBC bahwa Rusia "tidak diberikan kesempatan untuk ikut serta" dalam penyelidikan resmi.


Peta jatuhnya MH17. - BBC

Siapa keempat tersangka ini?

Igor Girkin (juga dikenal dengan nama Strelkov) adalah mantan kolonel di dinas intelejen Rusia FSB. Ia diberi pangkat menteri pertahanan di kota Donetsk, kota di Ukraina yang dikuasai kelompok separatis yang didukung Rusia. Ia diyakini sebagai perwira tertinggi di wilayah itu yang berada dalam kontak dengan Federasi Rusia.

Dalam sebuah pertanyaan, Girkin mengatakan, "Saya hanya bisa bilang bahwa milisi Ukraina tidak menembak pesawat Boeing itu."

Sergei Dubinskiy (dikenal sebagai Khmuriy), bekerja untuk dinas rahasia militer Rusia GRU, merupakan wakil Girkin dan mengadakan kontak rutin dengan Rusia, menurut penyelidik.

Oleg Pulatov, dikenal sebagai Giurza, merupakan prajurit di Spetznaz GRU - pasukan khusus intelejen militer Rusia - dan pernah menjadi wakil kepada dinas intelejen di Donetsk, menurut Tim Penyelidik Gabungan.

Leonid Kharchenko yang berkebangsaan Ukraina tak memiliki latar belakang militer tetapi memimpin pasukan tempur jarak dekat sebagai komandan di Ukraina bagian timur, kata penyelidik.

Apa kata penyelidik?

Penyelidik Belanda mengadakan jumpa pers pada pukul 11 hari Rabu (19/06) setelah memberikan pengarahan kepada keluarga dan sanak keluarga para korban.

Zelenko mengatakan Kejaksaan Belanda akan melakukan penuntutan kasus ini di pengadilan Belanda.

"Kesalahan empat orang tersangka ini harus dibuktikan di pengadilan," katanya.


Pimpinan tim penyelidik Fred Westerbeke menghadirkan bagian dari rudal BUK yang menghantam MH17 dalam konferensi pers tahun 2018. - AFP

Tim Gabungan yang akan mengupayakan pengadilan di bawah sistem hukum Belanda menyatakan awalnya mereka memiliki "daftar panjang" orang-orang yang berkepentingan terkait jatuhnya pesawat tersebut. Mereka juga menanyai para saksi untuk mencari bantuan.

Penyelidik independen Bellingcat - yang merupakan kumpulan wartawan investigatif yang kredibel - juga baru saja mengumumkan terkait penembakan MH17 dan para tersangka.

Bellingcat telah mengidentifikasi orang-orang yang mereka tuduh terlibat dalam penyerangan, termasuk seorang perwira intelejen militer berpangkat kolonel yang dikenal dengan nama Khmuryi yang berada di kawasan Donetsk yang dikuasai pemberontak dukungan Rusia.

Seorang lagi yang diidentifikasi kelompok Bellingcat adalah perwira intelejen militer kelompok separatis yang didukung Rusia di Luhansk yang memiliki nama kode Orion.

Salah seorang keluarga korban, Hans de Borst, menyatakan kepada BBC bahwa ia berharap para penyelidik akan mengungkapkan kebenaran dan penyebutan nama-nama itu merupakan "langkah awal menuju keadilan".

Putri Hans yang bernama Elsemiek berusia 17 tahun ketika tragedi itu terjadi. Elsemiek merupakan salah satu dari 289 korban yang meninggal dunia di pesawat MH17.


Elsemiek, 17 tahun, adalah salah satu korban pesawat MH17 yang ditembak jatuh pada tahun 2014. - Hans de Borst

Silene Fredriksz, yang kehilangan anaknya Bryce, mengatakan bahwa lima tahun sejak tragedi itu, beberapa anggota keluarganya telah meninggal dunia tanpa mengetahui kebenaran tentang apa yang terjadi.

Apa yang diketahui tentang MH17?

MH17 terbang dari Bandara Schiphol di Amsterdam pukul 10:15 GMT pada tanggal 17 Juli 2014 dan dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur, Malaysia pada hari berikutnya.

Sekitar empat jam sesudah lepas landas, pesawat kehilangan kontak dengan pengawas lalu lintas udara sekitar 50 km dari perbatasan Rusia-Ukraina.

Pesawat jatuh di kawasan Donetsk di sebuah kawasan yang dikuasai oleh kelompok separatis. Sebagian reruntuhan pesawat ditemukan tersebar di kawasan yang mencakup luas 50 kilometer persegi.

Bulan Oktober 2015, yang membuat pesawat itu terbelah di udara.

Pada tahun 2016, Tim Gabungan - yang melibatkan para pejabat dari Belanda, Australia, Belgia, Malaysia dan Ukraina - mencapai kesimpulan serupa tentang penembakan pesawat itu .


Penyelidik memeriksa reruntuhan MH17. - Reuters

Bulan Mei 2018, rudal yang menghantam MH17 merupakan milik Brigade Rudal Anti Pesawat ke-53 yang bermarkas di kota Kursk, Rusia.

Tim ini menghadirkan bukti tentang bagaimana rudal itu bisa mencapai Ukraina.

Rusia bereaksi dengan membantah bahwa rudal anti pesawat mereka telah menyeberang perbatasan Ukraina. Menteri luar negeri Rusia menuduh penyelidikan Tim Gabungan itu "bias dan bermotif politik".

Australia dan Belanda secara resmi menyatakan Rusia bertanggung jawab terhadap jatuhnya MH17.

Penundaan dan kesulitan untuk mengumpulkan jenazah korban sesudah bencana sempat menjadi sumber kritik internasional.