Terungkap Grup Facebook Korps Perbatasan AS Seksis-Rasis ke Imigran

Perbatasan Meksiko dengan Amerika Serikat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pihak berwenang Amerika Serikat sedang menyelidiki sebuah grup Facebook rahasia yang berisi para petugas perbatasan AS yang dilaporkan kerap mengunggah dan berbagi foto, video maupun konten yang seksis dan rasis terkait imigran. Grup itu sering menjadikan para imigran sebagai bahan lelucon yang merendahkan manusia.

Grup untuk golongan terbatas itu diberi nama I'm 10-15 dan memiliki anggota sekitar 9500 orang termasuk mantan petugas perbatasan sebagaimana dilaporkan ProPublica dikutip laman BBC.

Sebagian unggahan menertawakan kematian para imigran sementara lainnya menjadikan para anggota Kongres AS berdarah latin sebagai tertawaan untuk direndahkan. "Setiap petugas yang diketahui melanggar standar kami akan diproses secara transparan," disebutkan otoritas.

Dalam grup ini baru-baru ini diunggah ejekan terhadap anggota Kongres AS yang mengunjungi pusat penahanan imigran di Texas pada Senin kemarin. Anggota Kongres dari Partai Demokrat Alexandria Ocasio-Cortez Escobar adalah salah satu bulan-bulanan ejekan mereka yang diberi sebutan merendahkan "hoes" dan "scum buckets".

Asisten Komisioner Badan Patroli Perbatasan (CBP) membenarkan bahwa Kementerian Keamanan Dalam Negeri telah memulai penyelidikan soal grup rasis di Facebook tersebut yang memang dianggap menyalahi standar tugas itu.

Alexandria Ocasio Cortez melalui akun Twitter pribadinya menyatakan dia tak heran dengan adanya grup tersebut lantaran sikap dan gelagat yang dia temukan saat mengunjungi pusat penahanan imigran. Dia bahkan menyebutkan bahwa para petugas pernah menyuruh tahanan wanita di sel untuk minum air dari toilet.