Hujan Lebat Landa Selatan Jepang, 1 Juta Orang Diperintahkan Mengungsi

Ilustrasi/Hujan lebat dan petir
Sumber :
  • doubtfull

VIVA – Otoritas Meteorologi Jepang mengeluarkan perintah evakuasi kepada sekitar 1,2 juta orang di wilayah barat daya Kyushu memperingatkan bahwa hujan lebat dapat menyebabkan longsor dan banjir di daerah dataran rendah.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengatakan, udara hangat dan lembab pada awal musim hujan menyebabkan hujan lebat terutama ke pulau Kyushu di barat daya.

Di Prefektur Kagoshima, perintah evakuasi telah dikeluarkan untuk sekitar 6.000 orang di 2.859 rumah tangga. Seorang wanita berusia 70-an diselamatkan setelah terkubur oleh lumpur yang menimpa rumahnya.

Perintah evakuasi telah dikeluarkan di beberapa wilayah seperti Prefektur Kagoshima, Miyazaki, Kumamoto dan Ehime. Otoritas darurat setempat juga telah meminta penduduk untuk pindah ke tempat penampungan demi keselamatan.

Selain itu, hujan deras juga mempengaruhi layanan transportasi di bagian selatan Kyushu. Perusahaan Kereta Api Kyushu mengatakan kereta cepat Shinkansen telah ditangguhkan antara Kumamoto dan Stasiun Kagoshima-Chuo.

Beberapa kereta lokal di daerah itu juga menghentikan sementara operasinya.  Beberapa bagian dari jalan raya juga telah ditutup.

Diberitakan Straits Times, curah hujan hingga 200mm diperkirakan melanda wilayah Kyushu selatan dan hingga 100mm untuk Kyushu utara, pulau Shikoku di barat daya dan wilayah Kinki pada Selasa pagi.

Tahun yang lalu, hujan lebat di Jepang bagian barat memicu banjir dan tanah longsor yang menewaskan lebih dari 220 orang. Angka itu menjadi jumlah kematian terbesar akibat bencana dalam tiga dekade terakhir. (ren)