Pemimpin Oposisi Rahul Gandhi Mundur Hebohkan Politik India

India
Sumber :

VIVA – Rahul Gandhi mengundurkan diri dari posisi pemimpin partai oposisi di Kongres India. Hal tersebut mengakhiri berbagai spekulasi yang sempat beredar di kancah poltik negara tersebut dalam sepekan terakhir.

Dikutip dari laman BBC, dalam surat pengunduran dirinya yang kemudian dia cuitkan dalam akun Twitter, Ghandi mengatakan dia bertanggung jawab atas kekalahan partai oposisi di Pemilu India baru-baru ini.

Sebelumnya dia sudah mengumumkan maksudnya untuk mundur namun disebut dia dihalang-halangi oleh jajaran pemimpin partainya. Mereka berharap Rahul Gandhi tetap memimpin oposisi.

Diketahui bahwa Rahul Ghandi ternama dengan garis keturunan para perdana menteri. Ayahnya, neneknya dan buyutnya adalah mantan PM di India. 

Dalam surat pengunduran diri, Rahul Gandhi mengatakan, dia sama sekali mengaku tak memiliki rasa benci maupun marah kepada partai yang berkuasa, Partai Bharatiya Janata. "Setiap sel hidup yang ada dalam tubuh saya memiliki ide-ide tentang India," katanya.

Rahul menambahkan bahwa yang dia perjuangkan selama ini bukan sekadar partai politik namun seluruh hal tentang negara India. (ren)