Keracunan Karbon Monoksida Massal, 46 Orang di Kanada Jadi Korban

Ilustrasi keracunan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sebanyak 46 orang dirawat di rumah sakit setelah diduga terpapar racun karbon monoksida. Menurut informasi dari Winnipeg Fire Paramedic Service dan Manotiba Hydro, insiden tersebut terjadi di sebuah hotel di Kota Winnipeg, Kanada.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Winnipeg, John Lane mengatakan, sebanyak 15 orang diangkut ke rumah sakit daerah dalam kondisi kritis, sedangkan lima orang dalam kondisi tidak stabil. Sebanyak 26 orang lainnya dirawat di rumah sakit namun kondisinya dianggap stabil.

Kejadian ini bermula saat puluhan orang tersebut sedang berada di hotel Super 8 oleh Wyndham Winnipeg West ketika alarm otomatis menyala yang mengindikasikan tingginya tingkat karbon monoksida meledak.

"Itu alarm otomatis yang mengindikasikan ada potensi karbon monoksida di ruang ketel," kata Lane seperti diberitakan USA Today, Rabu 10 Juli 2019.

Manitoba Hydro yang menyediakan layanan listrik dan gas untuk masyarakat di seluruh provinsi Kanada termasuk Winnipeg mematikan gas ke gedung dan sedang bekerja untuk menemukan penyebab peningkatan kadar karbon monoksida.

Manitoba Hydro mengonfirmasi di Twitter bahwa utilitas bekerja dengan layanan pemadam untuk mematikan gas ke hotel dan memulai proses ventilasi.

Wyndham Hotels & Resorts telah menyampaikan permintaan maaf kepada mereka yang terkena dampak dan jaminan bahwa keselamatan tamu serta tim hotel mereka sangat penting.

"Kami dengan tulus meminta maaf kepada para tamu yang terkena dampak insiden pagi ini," dirilis perusahaan itu dalam sebuah pernyataan kepada media massa.

"Kami sangat berterima kasih atas upaya para responden darurat hari ini. Meskipun hotel ini dimiliki dan dioperasikan secara individual berdasarkan perjanjian waralaba, kami telah menghubungi pemiliknya dan memahami bahwa hotel itu akan dibuka kembali secepatnya," demikian dikutip dari pernyataan tersebut.