Pria Irak Lebih Banyak Alami Pelecehan Seksual Dibanding Perempuan

- BBC
Sumber :
  • bbc

Survei yang dilakukan untuk BBC tentang dunia Arab menunjukkan hasil yang tidak diduga sebelumnya.

Di Irak, lebih banyak pria dibandingkan perempuan yang dilaporkan mengalami pelecehan seksual lewat kata-kata, di samping serangan seksual secara fisik.

Sami , 13 tahun

Dia berada di kamar kecil sekolah ketika tiga anak laki-laki yang lebih tua memojokkannya ke dinding.

Mereka menyentuh dan meraba tubuhnya. Pada mulanya Sami terdiam, badannya terasa lumpuh karena kaget. Baru beberapa saat kemudian dia dapat bersuara.

"Saya mulai berteriak," ceritanya.

Kegaduhan tersebut membuat anak-anak lain memanggil kepala sekolah. Anak-anak itu dikeluarkan, tetapi orang tua mereka tidak diberitahu alasannya.

Sami (bukan nama sebenarnya) dipanggil ke ruang kepala sekolah. Dia diberitahu sekolah memperlakukan kejadian ini sebagai tindakan seksual suka sama suka dan dia beruntung tidak dikeluarkan.

Sami memutuskan tidak memberitahu keluarganya. Dia mulai menarik diri dan nyaris tidak berkomunikasi dengan siapapun selama berbulan-bulan.


- BBC

Sami , 15 tahun

Pada tahun 2007, satu tahun lebih setelah ayahnya meninggal, keluarganya mengalami kesulitan karena tidak ada lagi pencari naflkah utama.

Sami harus keluar rumah dan mencari uang. Dia kemudian mendapatkan pekerjaan di toko di pasar setempat.


- Getty Images

Suatu hari pemilik toko menyerang Sami. Dia berusaha mencium dan merabanya. Sami segera memukul kepala pria tersebut dengan botol kaca dan melarikan diri.


- BBC

Sami , 16 tahun

Ibu dan saudara kandungnya sedang tidak di rumah ketika sepupunya berkunjung. Saat duduk di sebelah Sami, dia mengeluarkan telepon genggam dan memperlihatkan foto porno. Sepupunya kemudian memperkosanya.

Serangan ini begitu menyakitkan sehingga Sami tidak dapat membicarakannya dan membuatnya sering mimpi buruk.

Sami tidak lagi bisa tinggal di rumah keluarga. Mereka sekeluarga kemudian pindah ke Baghdad dan bekerja di kota itu.

Secara bertahap Sami mulai mempercayai teman-teman barunya dan memutuskan tidak akan membebaninya dirinya dengan pengalaman buruk masa lalu.

Dia berbagi cerita dengan sekelompok kecil teman dekat. Ternyata dia bukanlah satu-satunya remaja pria yang mengalami serangan seksual.


- BBC

Perempuan tidak melaporkan pelecehan seksual?

Survei untuk BBC News Arabic pada 10 negara dan wilayah Palestina menemukan di dua negara - Tunisia dan Irak - lebih banyak pria dibandingkan perempuan yang mengalami pelecehan seksual fisik dan melalui kata-kata.

Di Irak ditemukan 39% pria mengatakan mengalami pelecehan seksual dengan kata-kata dibandingkan dengan 33% perempuan. Dan 20% pria Irak mengaku mengalami kekerasan seksual fisik, sementara jumlah perempuan yang mengalaminya sebesar 17%.

Dr Kathrin Thomas, peneliti Arab Barometer, yang melakukan survei, memperingatkan perempuan korban pelecehan seksual kemungkinan memilih untuk tetap berdiam diri.

"Orang cenderung untuk kurang melaporkan pelecehan, karena kemungkinan hal ini memalukan dan tidak nyaman, atau berakibat negatif. Perempuan lebih cenderung untuk tidak terlalu melaporkan pelecehan," katanya.


Kehidupan Sami membaik di Baghdad. - BBC

Human Rights Watch juga mengetahui adanya kekerasan seksual terhadap laki-laki gay dan perempuan trans di Irak - meskipun sering kali hal ini tidak dilaporkan ke polisi.

"Gay dan pria trans terus mengalami pelecehan seksual di Irak. Orang-orang yang terlihat dan terdengar lebih `feminin` sering kali menjadi korban kekerasan seksual," kata Amir Ashour, pendiri IraQueer - LSM Swedia yang memusatkan perhatian pada LGBT di Irak.

Jajak pendapat yang dilakukan BBC

Tetapi juru bicara polisi Irak mengatakan," Pintu kami terbuka untuk semua warga. Pelecehan seksual ditindak karena laporan para korban."

Pernyataan tersebut juga menyebutkan bahwa strategi baru telah diterapkan pada tahun 2003, sejalan dengan pemahaman baru negara terkait dengan hak asasi manusia, sementara petugas khusus telah direkrut untuk menangani kasus-kasus ini.


- BBC

Sami sekarang berumur 21 tahun

Kehidupan Sami sekarang membaik sejak ia tinggal di Baghdad. Dia bekerja di sebuah perusahaan besar internasional dan memiliki sekelompok teman yang mengetahui masa lalunya.

Tetapi dia tetap merasa tidak dapat berhubungan dengan siapapun.

Suatu hari dia kemungkinan akan menemukan pasangan, katanya - ketika dia telah berubah dan masyarakat Irak juga sudah berubah.

Dia mengatakan hal ini kemungkinan akan terjadi saat dirinya mencapai usia 35 tahun.