Seberapa Besar Posisi Laut Indonesia Pengaruhi Populasi Ikan Dunia

Menteri Susi Pudjiastuti bicara soal populasi ikan
Sumber :
  • Vivanews/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Kementerian Kelautan dan Perikanan mengadakan workshop Kerja Sama Selatan-Selatan Triangular. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa workshop tersebut sangat perlu dilakukan untuk kepentingan nasib laut dunia. 

Susi mengatakan, laut-laut yang ada di Indonesia tersambung dengan berbagai lautan di dunia, yang dapat memberikan pengaruh pada populasi perikanan di perairan Indonesia. 

"Konferensi atau workshop ini sangat penting untuk seluruh dunia karena laut dunia itu hanya satu. Laut di Indonesia tersambung dengan laut Amerika. Semua jadi satu, maka keberlanjutan stok ikan dari sebuah wilayah itu memengaruhi wilayah lainnya. 68 persen dari yellowfin datang dari laut kita yaitu Laut Banda," ucap Susi di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juli 2019.

Selain itu, Susi mengatakan bahwa pihaknya akan menggalang dukungan dan memberikan pelajaran tentang tangkap ikan secara ilegal kepada negara lain. 

Selama lima tahun terakhir, Indonesia telah berhasil menggagalkan ribuan penangkapan ikan secara liar di perairan Indonesia. 

"Di sini banyak negara Afrika, mereka punya problem kita lima tahun yang lalu. Kita sudah menyelesaikannya lima tahun yang lalu, salah satu keberhasilan kita adalah membuat G40 meng-adopt bahwa UU Fishing adalah suatu kejahatan serius yang harus disikapi bersama," katanya. 

"Indonesia ini sudah sangat maju, maka kita juga menggalang dukungan, sekaligus memberikan pembelajaran untuk mereka," kata Menteri Susi.