Menteri Susi Minta Negara Afrika Tak Longgar Beri Izin Kapal Asing

Menteri KKP Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • Vivanews/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengimbau kepada negara-negara di Afrika untuk tidak memberikan izin kepada kapal-kapal ikan asing yang justru bisa mengambil terlalu banyak dan merugikan negara di Afrika tersebut.

Susi mengatakan, selama dirinya menjabat sebagai menteri Kelautan dan Perikanan, dia menemukan sebanyak 10 ribu kapal eks asing yang beroperasi di perairan Indonesia.

"Ada 10 ribu kapal eks asing yang beroperasi di laut Indonesia. Hanya ada 1.300 kapal eks asing yang memiliki izin beroperasi di Indonesia. Jadi para pemilik kapal ikan menggandakan izin yang harusnya setiap kapal itu hanya satu izinnya," ucap Susi Pudjiastuti di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juli 2019.

Untuk mencegah menambahnya kapal eks asing yang ilegal di Indonesia, maka pihaknya sudah memiliki strategi, dalam penangkapan kapal ikan secara ilegal. 

Susi juga mengatakan, terkait investigasi illegal fishing yang terjadi di Tanah Air, saat ini dinilai memiliki kemajuan yang tinggi jika dibandingkan dengan yang ada di negara-negara di Afrika. 

Dengan mekanisme tersebut, Indonesia berhasil mendorong negara yang tergabung dalam G20 soal illegal, unreported, dan unregulated fishing.

"Tapi kalau di luar negerinya kurang dijaga akan berpengaruh kepada kita, akan seperti (efek) domino ke kita. Jadi penting untuk menggalang komitmen bersama dan aksi bersama dan kita yang akan menggalang aksi itu," kata Susi.