Kisah Perempuan Asal Yogyakarta Jadi Petani Musim Dingin di Australia

Ayu merasa mimpinya telah menjadi kenyataan untuk bisa hidup dan memiliki pekerjaan di Australia.
Sumber :
  • abc

Setiap pagi hari Ayu Nuraida harus bangun sekitar 04:30 pagi dan memulai harinya dengan membuat sarapan dan bekal makan siang.

Syarat Work and Holiday Visa (WHV) Australia untuk orang Indonesia berusia 18-30 tahun:

  • Memiliki kualifikasi setingkat perguruan tinggi atau telah menjalani pendidikan di PT setidak-tidaknya dua tahun, dan tingkat kemahiran bahasa Inggris IELTS skor minimal 4,5
  • Memiliki dana minimal AU$ 5.000 di bank, yang boleh juga di rekening atas nama orangtua
  • Untuk mendapat visa tahun kedua setidaknya harus bekerja tiga bulan di sektor pekerjaan atau kawasan tertentu. Mulai 1 Juli 2019, dibuka program visa tahun ketiga
  • Dapatkan informasi selengkapnya di situs resmi, proses ini tidak perlu perantara dan waspada dengan tawaran yang menjanjikan dapat membantu keluarnya visa

Ayu adalah peserta program Work and Holiday visa di Australia asal Yogyakarta dan kini bekerja di sebuah perkebunan anggur di kawasan Swansea, Tasmania.

Di musim dingin seperti sekarang ini, ia kebagian tugas untuk melakukan "prunning", atau pemangkasan.

Bekerja dari pukul 7 pagi hingga 4 sore, Ayu harus menembus dinginnya suhu di bawah 10 derajat Celcius, bahkan di pagi hari bisa mencapai 2 derajat Celcius.

"Karena musim dingin, jika hujan turun tanahnya menjadi mengeras dan kaki pernah menyangkut di dalamnya," kata Ayu kepada ABC Indonesia.

Belum lagi saat dedaunan dan batang membeku, Ayu mengaku sulit memotongnya karena lebih keras.

Tapi Ayu tetap bersyukur karena inilah jalan yang telah dipilihnya, sebuah mimpi yang jadi kenyataan, untuk bisa merasakan hidup di luar negeri.

Ayu Nuarida adalah warga asal Yogyakarta yang sedang mengikuti program Working and Holiday Visa di Australia.

Foto: Koleksi pribadi

Ingin perbaiki kondisi keuangan

Sebelum datang ke Australia bulan Maret lalu, lulusan Institut Seni Indonesia ini memiliki bisnis menjual seragam tentara dan bekerja paruh waktu sebagai pelayan di Yogyakarta.

Namun usaha yang dirintisnya sejak tahun 2011 semakin tidak menentu karena meningkatnya inflasi dan keadaan ekonomi yang tak kunjung membaik.

"Pendapatan saya di Indonesia malah seringkali minus, jadi kesini [Australia] untuk memperbaiki keadaaan uang, selain cari pengalaman," ujarnya.

Ayu mengaku ada empat perempuan lainnya yang ikut bertani di Tasmania.

Foto: Koleksi pribadi

Dengan pekerjaannya di perkebunan Swansea, Ayu mengaku bisa mendapat bayaran hingga $700, atau sekitar Rp 6,7 juta per minggu dengan waktu bekerja 35 jam.

Biaya hidup pun ia tekan serendah mungkin dengan menyewa sebuah kamar seharga $150, atau kurang dari Rp 1,5 juta per minggu dan uang makan yang dibatasi hingga $15, atau Rp 144 untuk tiga hari.

Menurut pengakuannya kepada ABC, pendapatannya telah mencapai angka $10.000, atau lebih dari Rp 96 juta dalam waktu empat bulan.

Ingin menetap di Australia Utara? Ingin menetap di Australia Utara?

Uluru adalah obyek wisata utama di Kawasan Australia Utara (NT)

Foto: Parks Australia

Kawasan Australia Utara memberikan kesempatan bagi warga asing untuk bekerja dan jadi penduduk tetap.

Sempat bekerja di "pertanian neraka"

Tidaklah mudah jalan yang ditempuh perempuan berusia 26 tahun ini saat pertama kali tiba di kota Hobart, tanpa memiliki kenalan, apalagi teman.

Ayu hanya berbekal informasi jika musim panen buah apel di Tasmania sedang berlangsung.

Ia mendatangi sejumlah perkebunan apel untuk menanyakan lowongan pekerjaan, tapi jawabannya selalu sama "apakah punya pengalaman?" atau "nanti diberi tahu ya kalau ada [lowongan]".

Ayu telah bekerja di pertanian Tasmania sejak bulan Maret 2019.

Foto: Koleksi pribadi

Belum lagi pernah ada seseorang yang mengatakan kepadanya jika mencari pekerjaan di Tasmania cukup susah dan seharusnya ia pergi ke negara bagian lain untuk mencari pengalaman terlebih dahulu.

Tak putus asa, Ayu memutuskan meninggalkan kota Hobart dan pergi ke kawasan pedalaman Lanceston.

Lewat sebuah agen penyalur tenanga kerja, ia mengetahui ada perkebunan brokoli yang selalu membutuhkan pekerja.

"Saya tahu mengapa saya diterima, karena banyak yang keluar, tidak betah, karena sangat melelahkan," ujar Ayu kepada ABC Indonesia.

"Pekerjaan neraka ... ini pekerjaan pertama saya di pertanian dan yang paling terberat."

Ayu bekerja di musim panen, yang artinya memetik brokoli, kemudian harus memindahkannya ke sebuah kontainer besar dan butuh waktu 20-30 menit untuk memenuhi kontainer tersebut.

"Dalam sehari ada 24 kontainer yang harus dipenuhi, saat melakukannya harus cepat dan berakhir dengan banyak yang cedera," kata Ayu, yang juga mengalami cedera lutut.

Ubah persepsi soal suku Aborigin Ubah persepsi soal suku Aborigin

Yutthika Addina dan Theodorus Bayu Pratama bersama manajernya di dapur toko komunitas di Papunya, Kawasan Utara Australia.

Foto: Koleksi pribadi

Dua anak muda asal Indonesia mengubah pandangan mereka soal masyarakat Aborigin setelah bekerja di pedalaman Australia.

Perlunya mempersiapkan mental

Dari pengamatannya, seringkali peserta WHV hanya terfokus pada negara-negara bagian utama Australia, padahal menurutnya ada juga kesempatan yang sebenarnya ditawarkan di pertanian Tasmania.

"Tasmania masih sedikit diketahui oleh teman-teman WHV dari Indonesia, tapi tetap saja cukup ketat bersaing dengan backpaker dari negara lain, bahkan orang lokal."

Tantangan lainnya adalah cuaca yang lebih ekstrim dibandingkan di kota-kota lainnya, serta kurangnya sarana kehidupan, terutama transportasi umum.

Untuk mereka yang ingin bekerja di sektor pertanian, Ayu mengatakan kuncinya adalah memiliki kekuatan mental, terutama bagi para perempuan.

Di musim dingin, tugas Ayu adalah lebih melakukan 'pruning' atau memangkas beberapa bagian tanaman, khususnya bagian cabang.

Foto: Koleksi pribadi

"Di sini laki-laki dan perempuan diperlakukan sama, memotong yang sama banyakanya dan sama besarnya," kata Ayu yang sekarang bekerja dengan empat perempuan lainnya dalam satu kelompoknya.

"Meski kita [perempuan] lebih lemah secara fisik, tapi mental kita harus tetap kuat."

Ia mencontohkan salah satu temannya selalu mengeluh dinginnya cuaca di perkebunan.

"Saya katakan semakin ia mengeluh malah akan semakin terasa dinginnya, karena semua itu adanya dalam pikiran dan mental kita," ujarnya.