Jadi Tuan Rumah Pertemuan ASEAN, Bangkok Diserang Ledakan Demi Ledakan

Bangkok, Thailand.
Sumber :
  • Pixabay/Daniel_Nebreda

VIVA – Beberapa ledakan kecil terjadi di Bangkok tepatnya di sekitar empat lokasi pada hari Jumat, 2 Agustus 2019. Polisi mengatakan bahwa dua petugas kebersihan jalanan terluka akibat adanya ledakan bom rakitan tersebut.

Dilansir dari Channel News Asia, saksi mata di lokasi kejadian mengaku awalnya mendengar ledakan keras di depan Gedunfmg Mahanakorn di Stasiun Skytrain Chong Nonsi. Mereka tak menyangka bahwa ledakan itu adalah bom.

Ledakan juga tak lama terdengar di kantor pemerintah. Lalu setidaknya di dua lokasi lain di pusat Bangkok. Polisi Thailand mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki penyebab ledakan itu dan mengusahakan memastikannya dalam waktu cepat.

The Bangkok Post melaporkan bahwa kaca-kaca di stasiun Skytrain Chong Nonsi hancur setelah terdengar ledakan keras tersebut. Setidaknya dua pintu keluar di stasiun tersebut juga langsung ditutup.

Insiden ini terjadi hanya sehari setelah dua bom palsu ditemukan di dekat lokasi berlangsungnya forum Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Bangkok, Thailand.

Kepala Polisi Jenderal Tawatchai Mekprasertkul mengatakan kepada media massa bahwa paket-paket bom rakitan itu ditempatkan di seberang jalan dari tempat forum. Tepatnya berada di dekat kantor polisi tempat Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha dijadwalkan berkunjung pada hari Jumat.

Sedangkan Bangkok saat ini tengah menjadi tuan rumah pertemuan para menteri luar negeri dari ASEAN. Selain menlu ASEAN, hadir pula pala menteri dari negara mitra ASEAN dan observer seperti dari negara-negara kekuatan dunia termasuk Amerika Serikat, China dan Rusia.