Di Forum ASEAN-AS, Indonesia Minta Amerika Bantu Palestina

Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN dan AS di Bangkok, Thailand
Sumber :
  • Rilis Kemlu RI

VIVA – Pemerintah Indonesia berharap Amerika Serikat dapat membantu Palestina mewujudkan perdamaian yang adil. Hal ini sempat dibahas dalam Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN dengan Amerika Serikat di Bangkok, Kamis 1 Agustus 2019 waktu setempat.

"Isu Palestina sangat dekat di hati masyarakat Indonesia. Dengan kapasitas yang dimiliki Amerika Serikat, diharapkan dapat membantu perwujudan perdamaian yang adil dan mewujudkan impian Palestina untuk merdeka berdasarkan penyelesaian dua negara," kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam pertemuan tersebut seperti dilansir dari keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI.

Diketahui belum lama ini, konflik antara Israel-Palestina kembali memanas tatkala Israel menghancurkan permukiman Palestina di Jalur Gaza dengan klaim bahwa tempat tinggal tersebut ideal. Buntutnya, makin banyak warga Palestina yang hidup terlunta-lunta di wilayah itu.

Sebelumnya, sempat diblokadenya Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem yang membatasi Muslim Palestina untuk beribadah juga menjadi pemicu bentrok antara warga Palestina dan Israel. Bentrokan saat ada demonstrasi bahkan memakan korban jiwa termasuk adanya korban usia anak-anak.

Sementara itu, Indonesia selalu konsisten memperjuangkan Palestina di berbagai forum internasional baik melalui ASEAN, OKI maupun PBB.

Kemudian isu kedua yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah tentang kondisi dunia
yang penuh ketidakpastian. Oleh karena itu ada lebih banyak tantangan yang harus dihadapi bersama.

Pemerintah Indonesia berpendapat bahwa tidak ada cara bagi ASEAN dan Amerika Serikat selain untuk bekerja sama dan menjadikan dunia yang lebih baik untuk semua orang.

"ASEAN Outlook mengenai Indo-Pacific akan menjadi pemandu dan alat bagi ASEAN untuk berkontribusi menciptakan perdamaian kawasan dan dunia," kata Retno.

Indonesia juga mengapresiasi kehadiran Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam pertemuan di Bangkok. Hal ini menurut Retno menunjukkan komitmen Amerika Serikat dalam memperkuat kerja sama negaranya dengan ASEAN.

Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN-Amerika Serikat diselenggarakan di Bangkok pada 1 Agustus 2019. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN dan Mitra Wicara ASEAN yang diselenggarakan pada 30 Juli 2019 hingga 2 Agustus 2019 dengan membahas berbagai agenda termasuk soal Palestina.