Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 14 Agustus 2019 | 11:25 WIB

Bagaimana Negara-Negara di Dunia Melawan Perubahan Iklim?

Team VIVA »
Renne R.A Kawilarang
DW Indonesia
Foto :
  • dw
picture-alliance/dpa/NASA/Goddard Space Flight Center

Perubahan Iklim merupakan isu yang semakin menarik perhatian dunia. Dampak perubahan iklim yang bisa kita lihat sekarang ini, seperti kenaikan permukaan air laut dan juga gelombang panas yang intensif, merupakan beberapa fenomena yang sudah diprediksi oleh para ilmuwan sejak lama. Bahkan belum lama ini, berita mengenai gelombang panas yang menghantam Eropa dan Amerika Serikat juga menjadi perhatian dunia.

Mengingat betapa seriusnya masalah ini, upaya untuk menanggulangi perubahan iklim menjadi agenda negara-negara di dunia. Salah satu contohnya adalah dengan adanya Konferensi Perubahan Iklim PBB di Paris (The Paris Agreement), yang diadakan pada 12 Desember 2015. Tujuan utama konferensi tersebut adalah mendorong negara-negara agar lebih responsif dan mengambil langkah untuk menjaga kenaikan suhu global di bawah 2 derajat celcius, dan bahkan menekan sampai 1,5 derajat celcius.

Baca Juga

2 atau bahkan 1,5 derajat celcius terdengar seperti angka yang rendah, namun jika kenaikan suhu tersebut tidak kita tekan, dampaknya akan buruk. The European Geosciences Union merilis sebuah pernyataan dalam situsnya, bahwa kenaikan sebesar perbedaan sebesar 0,5 derajat ini sudah bisa berdampak terhadap kenaikan permukaan air laut dan gelombang panas yang akan bertahan lebih lama. Kenaikan suhu juga akan memiliki dampak yang berbeda terhadap wilayah yang berbeda di bumi,

Topik Terkait
Saksikan Juga
Waktu Manusia di Bumi Tinggal 30 Tahun Lagi?!
BERITA - sekitar 1 tahun lalu
Terpopuler