Kebakaran Hutan Amazon, Seberapa Parah Keadaannya?

Some of the wildfires, such as this one in Pará, Brazil, cover a number of acres - Planet Labs Inc.
Sumber :
  • bbc

Ribuan kebakaran melanda hutan Amazon di Brasil - kebakaran terparah dalam periode hampir sepuluh tahun.

Negara-negara bagian di utara, Roraima, Acre, Rondonia dan Amazonas di samping Mato Grosso do Sul yang paling parah mengalaminya.

Meskipun demikian, foto-foto yang diperkirakan gambar kebakaran - termasuk beberapa di bawah tagar #PrayforAmazonas - memperlihatkan kebakaran yang sudah terjadi selama puluhan tahun atau justru tidak terjadi di Brasil.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi dan seberapa buruk kebakaran yang terjadi?

Terjadi lebih banyak kebakaran tahun ini

Hutan tropis Amazon, Brasil, mencatat jumlah kebakaran terbanyak pada 2019, demikian diisyaratkan data badan angkasa luar Brasil.

Institut Nasional untuk Penelitian Angkasa Luar/ National Institute for Space Research (INPE) menunjukkan data satelit yang memperlihatkan peningkatan sebesar 85 persen dibandingkan periode yang sama pada 2018.


- BBC

Angka resmi memperlihatkan lebih dari 75 ribu kebakaran hutan tercatat di Brasil pada delapan bulan pertama tahun ini - angka tertinggi sejak 2013. Pada tahun lalu jumlahnya adalah 39.759.

Kebakaran hutan umum terjadi saat musim kemarau di Amazon, dari bulan Juli sampai Oktober. Hal ini bisa terjadi karena kejadian alam, seperti kilat, tetapi juga bisa disebabkan pembersihan lahan oleh petani atau penebang kayu.

Para pegiat mengatakan retorika anti-lingkungan Presiden Brasil Jair Bolsonaro mendorong aksi penebangan hutan.

Bolsonaro, yang sejak lama mempertanyakan perubahan iklim, menuduh LSM yang justru memulai kebakaran untuk merusak nama baik pemerintahannya.

Dia kemudian mengatakan pemerintah kekurangan sumber daya untuk memadamkan kebakaran.


- BBC

 

Brasil utara sangat terkena dampaknya

Daerah yang paling terpengaruh berada di utara.

Roraima, Acre, Rondonia dan Amazonas mengalami peningkatan kebakaran terbesar jika dibandingkan rata-rata persentase dalam empat tahun terakhir (2015-2018).


- BBC

Roraima mengalami peningkatan sebesar 141 persen, Acre 138 persen, Rondonia 115 persen dan Amazonas 81 persen. Mato Grosso do Sul, yang letaknya lebih ke selatan, mengalami peningkatan sebesar 114 persen.

Amazonas, yang merupakan negara bagian terbesar di Brasil telah menyatakan keadaan darurat.


- BBC

Kebakaran menghasilkan asap dan karbon dalam jumlah besar

Awan asap dari kebakaran menyebar di wilayah Amazon dan sekitarnya.

Menurut Layanan Pemantauan Atmosfir Copernicus Uni Eropa/Copernicus Atmosphere Monitoring Service (CAMS) kebakaran telah menjalar sampai ke pantai Atlantik. Hal ini menyebabkan langit menggelap di Sao Paulo - yang jaraknya lebih dari 2.000 mil atau 3.200 km.

Kebakaran mengeluarkan karbon dioksida dalam jumlah besar, sama dengan 228 megaton sampai sejauh ini untuk tahun 2019, menurut CAMS. Ini adalah yang tertinggi sejak tahun 2010.

Kebakaran juga menghasilkan emisi karbon monoksida - gas yang dikeluarkan ketika kayu terbakar.

Peta CAMS memperlihatkan karbon monooksida ini - yang beracun jika tinggi tingkatnya - menyebar ke pesisir pantai Amerika Selatan.


- BBC

Cekungan Amazon - tempat hidup sekitar 3.000 spesies tanaman dan binatang, serta satu juta penduduk pribumi - sangatlah penting terkait dengan pengaturan pemanasan global, karena hutannya menyerap jutaan ton emisi karbon setiap tahunnnya.

Tetapi ketika pohon ditebang atau dibakar, simpanan karbon dilepaskan ke atmosfir dan kemampuan hutan tropis untuk menyerap emisi karbon menurun.


- BBC

Negara-negara lain kemungkinan juga terpengaruh

Sejumlah negara lain juga berada di cekungan Amazon - sebuah wilayah seluas 7,4 juta km2 - yang juga mengalami kebakaran dalam jumlah tertinggi tahun ini.

Venezuela mencatat angka kedua tertinggi dengan lebih dari 26.000 kebakaran, Bolivia di urutan ketiga dengan lebih dari 17.000 kebakaran.


- BBC

Pemerintah Bolivia telah menyewa pesawat udara untuk membantu pemadaman kebakaran di bagian timur negara itu. Sampai sejauh ini kebakaran telah menyebar ke hutan dan padang rumput seluas 6 km2.

Petugas darurat tambahan juga telah ditugaskan ke daerah tersebut dan binatang digiring ke daerah aman.

Oleh Lucy Rodgers, Nassos Stylianou d an Mike Hills