Dicurigai Menculik Anak, Wanita Hamil Dipukul Ramai-ramai

Ilustrasi kekerasan terhadap wanita.
Sumber :
  • Pixabay

Seorang perempuan yang sedang hamil dipukuli sekelompok warga di ibu kota India, New Delhi, karena dicurigai menculik seorang anak.

Polisi New Delhi mengatakan kepada BBC bahwa saat ini perempuan berusia 25 tahun tersebut dalam kondisi stabil dan tiga orang telah ditangkap.

Insiden ini menambah daftar peristiwa serangan yang dipicu desas-desus penculikan anak di New Delhi dan kawasan sekitar.

Tahun lalu, rangkaian insiden serupa menyebabkan beberapa orang dipukuli dan dibunuh. Rekaman kejadian menunjukkan perempuan itu dikelilingi sekelompok orang.

Setelah menuduh si perempuan menculik anak-anak, mereka kemudian memukulinya. Kasus seperti ini paling banyak dilaporkan di negara bagian Uttar Pradesh, yang berbatasan dengan New Delhi.

"Sedikitnya 46 kasus telah dilaporkan hingga 29 Agustus 2019. Dalam semua kasus tersebut, kami menemukan bahwa tidak ada bukti perdagangan anak," kata Direktur Jenderal polisi OP Singh dalam sebuah imbauan di akun Twitter.

"Kami mengimbau masyarakat jangan percaya pada rumor semacam itu. Jika Anda ragu, hubungi polisi melalui telepon [panggil nomor 100] atau media sosial," imbuhnya.

Di distrik Ghaziabad, yang terletak di pinggiran kota New Delhi, enam kasus serupa dilaporkan pada bulan Agustus.

"Dalam satu kasus, sekelompok orang menyerang seorang nenek yang sedang keluar rumah dengan cucunya. Orang-orang menyerangnya karena warna kulitnya berbeda dengan cucunya," kata perwira senior polisi Neeraj Jadaun, menambahkan bahwa semua tersangka dalam kasus itu adalah ditangkap.

Meskipun insiden seperti ini dilaporkan di seluruh India, tidak jelas apakah kasus penculikan memang sedang meningkat. Rumor penculikan anak sering tersebar di pesan teks atau WhatsApp, menurut sejumlah laporan.

Pihak berwenang telah meminta orang-orang untuk tidak memercayai pesan-pesan yang terkait dengan penculikan anak. Aparat juga belum menemukan insiden penculikan anak yang terkait dengan rentetan pesan dan video yang dibagikan secara online.