Bagi Warga yang Beli Sepeda Listrik akan Disubsidi sampai Rp7 Jutaan

DW/Eesha Kheny.
Sumber :
  • dw

Warga Paris, Prancis yang jumlahnya sekitar 10 juta jiwa dijanjikan mendapat subsidi sampai 500 euro (Rp7,45 juta) jika mereka membeli sepeda listrik.

Kebijakan ini mulai berlaku pada Februari 2020. Namun, yang memberi 'bantuan keuangan' bukanlah pemerintah kota, melainkan oleh perusahaan transportasi.

Direktur Transportasille-de-France Mobilites, Valerie Pecresse, mengaku telah mengajukan proposal untuk memberikan subsidi yang nilainya setengah dari harga sepeda listrik, atau maksimal 500 euro.

Menurutnya, bantuan ini akan diberikan kepada penduduk di kawasan Ile-de-France, yaitu wilayah di sekitar Paris.

Valerie menekankan jika bantuan itu diberikan 'terlepas dari kondisi ekonomi mereka'. Sepeda listrik baru dengan kualitas baik harganya sekitar 2.000 euro (Rp30,5 juta).

"Saya ingin semua penduduk memiliki hak yang sama untuk mobilitas listrik dan jenis transportasi yang lebih bersih. Khususnya, di daerah kecil dan menengah dengan banyak bukit," kata Valerie.

Transportasi ramah lingkungan

Penawaran tersebut akan dimulai pada Februari tahun depan, ketika program uji coba sepeda listrik "Veligo" berakhir. Targetnya untuk menggandakan jumlah e-bike (sepeda listrik) di kawasan itu sampai dua kali lipat pada 2021.

Program subsidi e-bike sudah dilakukan banyak kota dunia dalam upaya mengurangi lalu lintas dan polusi Swedia, Norwegia, Skotlandia, dan Portugal adalah beberapa negara yang sudah melakukan investasi dan membangun infrastruktur sepeda listrik dan memberikan pinjaman tanpa bunga atau subsidi untuk pembeliannya.

E-bike generasi baru dengan mudah mencapai kecepatan sampai 25 kilometer per jam. Baterai isi ulang punya cakupan jarak 75 kilometer untuk satu kali pengisian. (hp/vlz)