Ini Dia Sosok Pembangkang Pengungkap Kebobrokan Presiden

Mohamed Ali has posted videos accusing President Sisi of corruption - Photo supplied.
Sumber :
  • bbc

Aktivis hak asasi manusia (HAM) Mesir mengatakan lebih dari 1.000 orang ditangkap setelah aksi unjuk rasa protes anti-pemerintah baru-baru ini.

Unjuk rasa dipicu sebagian oleh tuduhan di media sosial bahwa Presiden Abdel Fattah el-Sisi telah menghambur-hamburkan uang negara di istana dan villa.

Tak ayal, Presiden el-Sisi menyebut tuduhan itu bohong, dan menyalahkan apa yang disebutnya Islam politik karena mengobarkan masalah.

Protes mengejutkan

Ketika ratusan orang Mesir turun ke jalan melakukan demonstrasi pada minggu lalu, menyerukan agar presiden disingkirkan, hal itu mengejutkan banyak pengamat.

Tapi satu orang, Mohamed Ali, sedang menunggu protes. Bahkan, ia disebut sebagai orang yang mendorong aksi unjuk rasa rakyat Mesir.

Dalam hitungan minggu, pengusaha berusia 45 tahun ini banyak diperbincangkan orang di Mesir, dan disebut sebagai salah satu pengkritik paling vokal presiden setelah tindakan keras dalam beberapa tahun terakhir yang sebagian besar telah membungkam perbedaan pendapat.

Sejak awal September, Mohamed Ali mengunggah video hampir setiap hari dari pengasingannya sendiri di Spanyol, menuduh Presiden Abdel Fattah el-Sisi dan militer atas korupsi.

Video-videonya telah memicu serangkaian tagar di media sosial, mencerminkan kemarahan yang meningkat di kalangan orang Mesir, yang memuncak dalam protes.

Video daring

"Dia duduk dan berbicara ke kamera dengan cara yang sangat informal dan kadang-kadang terlihat sangat gelisah," kata Mohamed Yehia dari BBC Arab.

"Dia tidak menunjukkan bukti dalam bentuk dokumen, tetapi berbicara tentang proyek di mana dia terlibat."

"Penentang Presiden el-Sisi berpikir dia kredibel, sementara pendukung presiden skeptis. Sulit untuk mengukur kredibilitasnya dan dukungan yang dia nikmati, tetapi dia jelas telah menarik perhatian," tambah Mohamed Yehia.

Meskipun media Mesir tidak pernah menayangkan video Mohamed Ali, ia telah dapat menjangkau audiens di internet, beberapa dari video ditonton puluhan ribu kali.


Hundreds of protesters filled Tahrir Square on Friday - AFP

Tingkat popularitas Mohamed Ali mendorong Abdel Fattah el-Sisi untuk menanggapi tuduhan itu, dengan menyanggahnya dan menyebut "kebohongan dan fitnah" dan menegur orang Mesir karena menonton video itu.

Menanggapi pernyataan el-Sisi, Mohamed Ali bersumpah untuk menjatuhkannya. Siapakah dia?

Mantan pemilik perusahaan kontraktor swasta, Amlaak, Mohamed Ali memiliki sejarah bekerja pada proyek-proyek untuk militer Mesir.

Ia juga dikenal karena sempat mengejar karir sebagai aktor - termasuk tampil dalam film The Other Land yang kurang dikenal, - sebelum melikuidasi asetnya dan pindah ke Spanyol.

Popularitasnya meroket setelah merilis serangkaian video di mana ia mengklaim memiliki informasi orang dalam tentang kesalahan penanganan dana negara oleh militer Mesir.

Ayahnya, Ali Abdul Khalek, adalah juara angkat besi nasional sebelum ia meluncurkan bisnis kontrak keluarganya untuk dirinya sendiri dan putranya, termasuk Mohamed Ali.

Dalam sebuah wawancara dengan presenter TV pro-pemerintah Ahmed Moussa, Abdul Khalek tampaknya juga berusaha menyangkal tuduhan putranya, dengan mengatakan keluarganya berutang kepada angkatan bersenjata.


Mr Ali`s videos have resonated with many Egyptians - Reuters

Apa yang ia tuduhkan?

Mohamed Ali mengklaim berutang karena iuran yang tidak dibayar dari militer dan mengatakan ia telah melarikan diri dari negara itu karena kekhawatiran akan "pembalasan" dari pihak berwenang setelah ia menantang angkatan bersenjata.

Ia juga menuduh Abdel Fattah el-Sisi menghambur-hamburkan dana negara untuk membangun istana dan villa kepresidenan, dan mengklaim bahwa proyek sedang dilakukan sebagai bantuan kepada para jenderal di lingkaran dekatnya.

Mohamed Ali terus menuduh el-Sisi, sementara pada saat yang sama menyebutkan bahwa tidak semua perwira militer terlibat dalam korupsi.

Dalam video-videonya yang lebih baru, Mohamed Ali menuntut Menteri Pertahanan Muhamad Zaki untuk menangkap Presiden Abdel Fattah el-Sisi, dan secara terpisah mengklaim dia telah menerima pesan dukungan dari para perwira militer dan polisi.

Sejak rilis video, seorang pengacara menuduh Mohamed Ali melakukan "pengkhianatan tingkat tinggi" dan dia telah menghadapi kritik di media tradisional.

Mengapa orang Mesir mengindahkan panggilannya?

Tuduhan Mohamed Ali tentang kesalahan penanganan dana tampaknya telah menyentuh banyak hal, dengan banyak orang Mesir yang semakin tidak puas dengan langkah-langkah penghematan yang sedang berlangsung.


More people in Egypt are living in poverty now than four years ago - Getty Images

Pada Juli, data menunjukkan bahwa 32,5 persen orang Mesir sekarang hidup dalam kemiskinan, naik dari 27,8 persen pada 2015.

Namun, terlepas dari tekanan ekonomi, mereka yang melakukan protes tidak dapat melakukan terus-menerus karena lelah dan akibat reaksi keras pemerintah terhadap oposisi.

Tetapi yang mengejutkan banyak orang, protes skala kecil pecah di dan sekitar Lapangan Tahrir di Kairo dan kota-kota lainnya, sehingga mendorong mereka yang semula takut, perasaan yang mulai dibangun selama tahun-tahun kekuasaan Presiden Abdel Fattah el-Sisi.

Kemarahan publik

Kemampuan Mohamed Ali yang memiliki informasi tentang orang dalam, retorikanya dan penggunaan bahasa daerah membuatnya berbeda dari oposisi Islamis dan aktivis politik sekuler, yang tuntutannya sering berfokus pada hak daripada keuntungan ekonomi bagi warga negara.

Mohamed Ali juga berusaha meyakinkan orang Mesir bahwa mereka akan aman jika mereka memprotes di tengah perayaan pertandingan sepak bola pada hari yang sama.


Cairo`s central Tahrir Square was the epicentre of the 2011 revolution that unseated long-time autocrat Hosni Mubarak. - Getty Images

Langkah-langkah penghematan

Setelah protes, ratusan orang dilaporkan ditangkap.

Sebelum kemunculan Mohamed Ali di tempat kejadian, amarah telah meningkat di negara ini karena kondisi ekonomi. Ini termasuk fluktuasi pound Mesir pada 2016 yang menyebabkannya merosot lebih dari setengah nilainya dan secara dramatis meningkatkan harga barang.

Ledakan kemarahan yang jarang terjadi menyebabkan anjloknya saham di pasar modal.

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi dengan gigih membela langkah-langkah penghematan yang diperlukan, dengan mengatakan mereka akan memberikan hasil nanti.

Dalam pidatonya, ia mengatakan "kami [orang-orang Mesir] sangat miskin" dan meminta orang-orang Mesir untuk menyumbangkan uang receh ke dana Long Live Egypt-nya.


President Abdel Fattah al-Sisi has dismissed all allegations of corruption - Getty Images

Namun, meskipun membantah tuduhan Mohamed Ali tentang korupsi, Abdel Fattah el-Sisi tetap tegas dalam tanggapannya terhadap video tersebut. Ia mengakui pembangunan istana dan mengatakan ia akan terus melakukannya "untuk Mesir".

Konfirmasi dari Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi bahwa banyak anggaran telah dihabiskan di istana dan untuk proyek lainnya, ditambah dengan tanggapan tajam Mohamed Ali, rasanya sudah cukup untuk mendorong orang melakukan aksi unjuk rasa turun ke jalan.