Izinkan Penyanyi Pegang Kemudi, Pilot Dilarang Terbang Seumur Hidup

Penyanyi Mesir Mohamed Ramadan mengunggah video dirinya di kokpit pilot ke akun media sosial, membuat sang pilot mendapat sanksi larangan terbang seumur hidup. - Mohamed Ramadan / Twitter
Sumber :
  • bbc

Kementerian penerbangan sipil Mesir melarang terbang seorang pilot seumur hidup karena mengizinkan seorang penyanyi terkenal masuk ke kokpit selama dalam penerbangan dari Mesir ke Riyadh, Arab Saudi.

Sang penyanyi, Mohamed Ramadan, mengunggah video pendek di media sosial dirinya masuk ke dalam kokpit lalu duduk di kursi ko-pilot dan memegang kendali pesawat sambil berkata, "Saya bersumpah demi Tuhan, saya menerbangkan pesawat ini".

Akibat peristiwa ini, kopilot pesawat itu diskors tak boleh terbang selama setahun dan direktur utama maskapai penerbangan mengundurkan diri dari jabatannya.

Hari Senin (14/10), rekaman video itu beredar dan kementerian penerbangan sipil segera melakukan penyelidikan.

Menurut surat kabar Egypt Independent, pemilik pesawat itu adalah sebuah maskapai penerbangan swasta, yang namanya masih dirahasiakan hingga kini, dan bukan dari maskapai utama Mesir, Egypt Air.

Pihak kementerian juga menginterogasi pilot dan ko-pilot pesawat itu karena pelanggaran serius terhadap aturan dan instruksi penerbangan sipil Mesir serta mendatangkan risiko besar bagi keselamatan penumpang.

Media-media Mesir menyatakan penerbangan itu adalah penerbangan ke Riyadh, Arab Saudi, di mana Mohamed Ramadan akan menjadi salah satu pengisi acara di festival hiburan Riyadh Season atas undangan pihak berwenang Arab Saudi.

Maskapai penerbangan utama Mesir Egypt Air membantah bahwa rekaman video itu terjadi di pesawat mereka, seraya menekankan bahwa hal itu melanggar prosedur keselamatan penerbangan.

Sumber di kalangan penerbangan yang dikutip Egypt Independent mengatakan bahwa pesawat itu termasuk golongan pesawat Cessna Citation yang melakukan perjalanan khusus menuju Riyadh.

Dalam penerbangan, Ramadan memasuki kabin dan duduk di kursi kopilot saat pesawat sedang terbang dalam keadaan autopilot.

Sumber di kalangan penerbangan menyatakan kesalahan yang dibuat oleh awak pesawat itu adalah mengizinkan Mohamed Ramadan untuk masuk ke dalam kabin pilot dan memfilmkan hal itu.