Anies Akan Buat Fasos Fasum di 50 Persen Lahan Pulau Reklamasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • Irwandi Arsyad

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berencana untuk membuat fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) di empat pulau reklamasi yang telah jadi. Empat pulau itu adalah Pulau C, D, G, dan N.

Mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan, rencana pembuatan fasilitas publik ini akan dibangun di atas 50 persen lahan yang ada. Jumlah ini sangat besar, namun begitu rencana ini masih menunggu perencanaan yang baik dan matang.

"Saya bisa sampaikan bahwa fasos fasumnya lebih 50 persen. Jadi fasos fasumnya memang akan luas sekali untuk kegiatan masyarakat," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat 28 September 2018.

Anies menambahkan, semua rencana itu akan masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tahun depan. Dengan demikian, diharapkan kawasan-kawasan tersebut bisa dimanfaatkan untuk akses publik.

"Kawasan-kawasan itu ingin kami manfaatkan untuk akses publik, pertama ke pantai. Jadi kami akan mengusulkan kembali, tapi izinkan kami untuk menuntaskan dulu perencanaannya," ujarnya.