Alasan Polisi Dukung Ganjil Genap Diteruskan Tahun Depan

Pembatasan kendaraan bermotor ganjil genap di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Polisi menilai, sistem ganjil genap atau pembatasan kendaraan berdasarkan pelat nomor, sudah terbukti memiliki dampak dalam menangani kemacetan di Jakarta, walau tak mengatasi sepenuhnya. Polisi pun mendukung penerapan aturan itu di Ibu Kota tetap diteruskan tahun depan. 

"Yang jelas sudah pernah dilakukan suatu pengkajian, kemudian hasil kajian itu mengarah kepada perubahan yang cukup bagus," kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 26 Desember 2018.

Dia menyebutkan, sedikit dampak positif yang timbul akibat penerapan sistem tersebut. "Misalnya kecepatan bertambah, volume (kemacetan) terjadi penurunan. Kemudian waktu tempuh tambah cepat. Kemudian CO2 (karbondioksida) turun, termasuk laka lantas," katanya menambahkan.

Hal ini semua, lanjut Budiyanto, juga telah dipaparkan dalam Focus Group Discussion, Selasa, 18 Desember 2018 lalu, dengan pihak-pihak terkait. 

Terkait apakah sistem ganjil genap akan dilakukan, semua keputusan dikembalikan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (mus)