Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 15 Januari 2019 | 15:23 WIB

Dapat Dukungan Kasus Dugaan Kampanye, Anies: Keadilan Harus Ditegakkan

Team VIVA »
Lis Yuliawati
Adinda Purnama Rachmani
Foto :
  • VIVA.co.id/ Dinia Adrianjara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

VIVA – Presidium Rakyat Betawi menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Januari 2019. Mereka mengecam Bawaslu Kabupaten Bogor karena dinilai tidak adil, dalam kasus dugaan kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat Konferensi Nasional Partai Gerindra. 

Melihat aksi tersebut, Anies memberikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan para peserta aksi. Menurut Anies, keadilan harus ditegakkan.   

Baca Juga

"Saya berikan apresiasi kepada Presidium Rakyat Betawi. Memang keadilan itu sama penting untuk kita tingkatkan, agar semua dalam menjalankan tugas kenegaraan mengingat prinsip keadilan yang akan menghasilkan suasana tenang," ujar Anies.

Anies mengimbau kepada pendemo untuk menjaga adat istiadat dan tata krama dalam menyampaikan pendapat. Mantan menteri Pendidikan itu juga mengatakan jika aksi unjuk rasa adalah hak warga negara. 

Terpopuler

"Berserikat, berkumpul mengutarakan pendapat adalah hak dari warga negara. Tetapi untuk menjaga ketertiban harus dinomorsatukan," kata Anies.

Sebelumnya, Presidium Rakyat Betawi melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Januari 2019.

Orator aksi, Roni Adi mengatakan, pihaknya merasa geram karena Anies diperlakukan secara tidak adil. "Rakyat Betawi patut merasa geram karena sang gubernur yang dicintainya telah dikriminalisasi dan diperlakukan tidak adil," ujar Roni, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Januari 2019.  

Untuk itu, Presidium Rakyat Betawi menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut :

1. Agar Bawaslu lebih fokus pada hal-hal yang bersifat substansial dan menggunakan akal sehat sehingga bisa memilih mana laporan yang layak ditanggapi atau tidak.

2. Agar Bawaslu berlaku adil dan melakukan pemeriksaan kepada para pejabat lainnya yang mengacungkan satu jari dan atau jempol yang jelas-jelas menyatakan dukungan dan berkampanye untuk mengekspresikan dukungan mereka kepada pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01. 

3. Presidium Rakyat Betawi siap mengawal dan pasang badan untuk mengamankan jalannya pemerintahan Gubernur DKI Jakarta, Bapak H. Anies Rasyid Baswedan apabila ada pihak-pihak lain yang ingin mengkriminalisasi kebijakan dan menghambat jalannya pemerintahan Gubernur DKI Jakarta. (art)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ups! Jokowi 'Didatengin' Miss Universe & Putri Indonesia