Halo
Pembaca

Berita

Bola

Ramadan

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 15 Januari 2019 | 16:06 WIB

Ubah Perilaku Warga Buang Sampah, Anies Akan Revisi Perda

Team VIVA »
Lis Yuliawati
Adinda Purnama Rachmani
Foto :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani
Fasilitas pembersihan truk sampah di TPST Bantar Gebang, Bekasi.

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku kesulitan untuk mengubah kebiasaan warga Jakarta membuang sampah. 

Menurut dia, lebih mudah menertibkan tempat hiburan ketimbang mengingatkan dan menertibkan masyarakat membuang sampah. Anies mengemukakan, persoalan sampah bukan hanya terkait masalah aturan.

Baca Juga

"Tapi soal proses kebiasaan karena yang harus diubah bukan 1, 2 orang tapi 10 juta. Kita buat peraturan mengenai hotel, tempat hiburan, tapi begitu sampai sampah itu sulit maka ini adalah kebiasaan pribadi masyarakat," ujar Anies di TPST Bantar Gebang, Bekasi, Selasa, 15 Januari 2019.

Anies mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan perubahan peraturan daerah mengenai sampah. Namun, ia harus berhati-hati dalam menyiapkan perda tersebut. Hal terpenting bagi dia adalah mengubah kebiasaan warganya dulu untuk lebih peduli membuang sampah pada tempatnya.

Terpopuler

"Itu nanti dicek dulu, apakah perdanya yang kurang efektif atau pada kebiasaan yang perlu waktu untuk diubah. Ini bukan semata-mata soal aturan, tapi soal kebiasaan," kata Anies. 

Untuk mengubah kebiasaan warganya, Anies akan segera melakukan kampanye yang dimulai dari lingkungan sekolah hingga permukiman. "Nah, kita harus lakukan kampanye ini masif dan kita sudah saksikan di beberapa negara bagaimana peningkatan kesejahteraan itu jauh lebih cepat dari pada perubahan perilaku hidupnya," ujar Anies. (ase)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Polemik PBB Gratis, Ini Komentar Anies Baswedan
BERITA - 25 hari lalu
Terbaru