Pemprov DKI Gandeng IPB Bakal Bangun Ali Sadikin Maritim Center

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Rektor IPB Arief Satria
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Institut Pertanian Bogor atau IPB segera membangun Pusat Maritim di Kawasan Ancol, Jakarta Pusat. 

Rektor IPB, Arief Satria mengatakan, pusat penelitian akan dinamakan Ali Sadikin Maritim Center. Di lokasi tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan IPB dapat melakukan penelitian. 

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama kami IPB, akan membangun etalase kemaritiman. Di situ, kami dapat melakukan riset tentang kelautan. Selain itu, hilirisasi penelitian juga bisa dilakukan," ujar Arief di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin 21 Januari 2019. 

Selain IPB dan Pemprov DKI, menurut Arief, lokasi Ali Sadikin Maritim Center dapat dipergunakan untuk LIPI, TNI, dan lembaga lainnya guna melakukan penelitian. "Jakarta Pusat laut, resource bukan hanya dengan IPB, tapi juga LIPI dengan TNI Angkatan Laut," ujarnya.

Diketahui, tujuan dari kesepakatan bersama ini untuk mensinergikan potensi dan sumber daya masing-masing pihak, guna pengembangan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kerja sama ini berlaku untuk jangka waktu satu tahun, terhitung sejak penandatanganan Kesepakatan Bersama. (asp)