19 Titik Tergenang Air Saat Hujan di Ibu Kota Hari Ini

Ilustrasi genangan air
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ichsan Suhendra

VIVA – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan, mengatakan, hari ini pihaknya menerima laporan 19 titik di wilayah Jakarta tergenang air. Seperti di wilayah MT Haryono, Cawang dan beberapa wilayah di Jakarta Timur.

Genangan terjadi di antaranya akibat dampak dari pembangunan light rail transit (LRT). Selain itu, genangan air di area pembangunan proyek tersebut dan ruas jalan tol, akibat wilayah tersebut kurang memperhatikan drainase. 

"Perlu dicatat juga salah satu penyebab genangan air itu adalah pembangunan MRT, LRT di 16 ruas wilayah Tol Becakayu. Nah, ini mereka yang melakukan pembangunan ini kurang memperhatikan drainase yang ada," ucap Teguh, di Balai Kota, Jumat, 25 Januari 2019.

Teguh mengaku saat ini pihaknya sedang membicarakan dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk membicarakan solusi terhadap genangan itu. 

"Itu misalnya di MH Haryono tapi sudah berangsur surut dan itu dampak dari pembangunan. Kami juga sedang membicarakan sama Pak Gubernur," tuturnya.

Teguh menyatakan, pihaknya akan mengantisipasi banjir di Jakarta. Dia memastikan jika semua pompa bekerja dengan baik, dan dapat menyurutkan genangan yang ada di Jakarta.

"Meskipun memang ada 19 titik lokasi yang terdampak genangan, tapi dalam proses satu jam sudah bisa surut. Apalagi ketika air hujan sudah reda," ucapnya. 

Teguh mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan fasilitas rumah pompa yang dapat bekerja hingga 96 persen. Menurut Teguh, untuk saat ini Jakarta masih masuk dalam kategori aman. 

"Kesiapan kita, objek vital kita terkait pompa, rumah pompa, pompa stasioner Alhamdulillah sudah 96 persen. Saat ini, Jakarta masih terkendali," tuturnya. (art)