Anies: Kita Selama Ini Tidak Merencanakan Tata Ruang dengan Serius

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peninjauan di beberapa wilayah di Jakarta melalui udara bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin, 28 Januari 2019.

Anies mengatakan, yang disampaikan JK adalah sebuah fakta di lapangan. Ia menilai ketika infrastruktur direncanakan, di situ pembangunan akan bergerak. 

"Enggak, itu bukan kritik tapi itu fakta. Itu Pak JK mengatakan itu contoh. Ketika tata ruang dirancang dengan benar, maka private sector juga akan bergerak membangun di situ. Tapi kalau kita tidak membuat perencanaan tata ruang yang benar, ya, tidak akan ada pergerakan perekonomian," ucap Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Anies pun memberikan contoh lainnya dengan pembangunan apartemen yang ada di Jakarta. Menurutnya, pembangunan proyek apartemen membutuhkan tanah yang luas dan dapat memberikan efek yang luas.

Sayangnya, kata Anies, saat ini belum melakukan perencanaan tata ruang di Jakarta dengan baik.

"Kalau teman-teman lihat apartemen, apartemennya upscale. Karena aturannya harus tanahnya empat ribu meter. Kalau empat ribu meter di Jakarta, yang bisa bangun empat ribu meter yang mana? Yang besar, efeknya dibangun di tempat-tempat yang strategis pula. Kita selama ini tidak merencanakan tata ruang dengan serius dengan target yang jelas, efeknya ada ketimpangan," tuturnya. (ase)