Halo
Pembaca

Berita

Bola

Ramadan

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 28 Januari 2019 | 20:47 WIB

Anies: Kita Selama Ini Tidak Merencanakan Tata Ruang dengan Serius

Team VIVA »
Endah Lismartini
Adinda Purnama Rachmani
Foto :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peninjauan di beberapa wilayah di Jakarta melalui udara bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin, 28 Januari 2019.

Anies mengatakan, yang disampaikan JK adalah sebuah fakta di lapangan. Ia menilai ketika infrastruktur direncanakan, di situ pembangunan akan bergerak. 

Baca Juga

"Enggak, itu bukan kritik tapi itu fakta. Itu Pak JK mengatakan itu contoh. Ketika tata ruang dirancang dengan benar, maka private sector juga akan bergerak membangun di situ. Tapi kalau kita tidak membuat perencanaan tata ruang yang benar, ya, tidak akan ada pergerakan perekonomian," ucap Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Anies pun memberikan contoh lainnya dengan pembangunan apartemen yang ada di Jakarta. Menurutnya, pembangunan proyek apartemen membutuhkan tanah yang luas dan dapat memberikan efek yang luas.

Terpopuler

Sayangnya, kata Anies, saat ini belum melakukan perencanaan tata ruang di Jakarta dengan baik.

"Kalau teman-teman lihat apartemen, apartemennya upscale. Karena aturannya harus tanahnya empat ribu meter. Kalau empat ribu meter di Jakarta, yang bisa bangun empat ribu meter yang mana? Yang besar, efeknya dibangun di tempat-tempat yang strategis pula. Kita selama ini tidak merencanakan tata ruang dengan serius dengan target yang jelas, efeknya ada ketimpangan," tuturnya. (ase)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Polemik PBB Gratis, Ini Komentar Anies Baswedan
BERITA - 25 hari lalu
Terbaru