Luncurkan SP2D Online, Anies: Bayar Belanja dan Pajak Lebih Efektif

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan sistem pembayaran belanja daerah dan pajak pusat, melalui surat perintah pencairan dana (SP2D) secara online dan realtime.

Anies mengatakan, sistem pembayaran ini dapat dilakukan secara real time sehingga belanja dan pajak dapat dilakukan secara bersamaan.

Menurut Anies, inovasi sistem realtime ini diterapkan di Pemprov DKI bekerja sama dengan Bank DKI dan Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, agar akuntabilitas pembayaran semakin baik. "Ide, inovasi, gagasan dan kolaborasi bisa dilakukan sebagai proses kreatif," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 31 Januari 2019.

Dengan adanya sistem ini, Anies berharap dapat memangkas tujuh proses pembayaran. Hal itu  akan membuat proses pembayaran belanja daerah dan pajak lebih efektif. 

"Ini online dan realtime, kalau online belum tentu realtime. Ini dikerjakan online dan realtime, dengan begitu akuntabilitas akan semakin membaik," ujarnya. 

Menurut Anies, nantinya akan ada tujuh proses yang dipangkas. "Kalau ini semua dilakukan oleh SKPD, UPTD akan jauh lebih efektif," ujarnya. (mus)