Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 3 Februari 2019 | 18:33 WIB

Tawuran Antarwarga Marak Lagi di Ibu Kota, Begini Respons Anies

Team VIVA »
Dusep Malik
Fikri Halim
Foto :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

VIVA – Sejumlah fasilitas umum di halte bus Transjakarta rusak akibat tawuran antarwarga di Pasar Rumput, Jakarta, Sabtu Malam, 2 Februari 2019. Pelayanan bus pun dikabarkan sempat terganggu. 

Menanggapi itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, fasilitas yang rusak itu akan segera diperbaiki. 

Baca Juga

"Fasilitas umum langsung kita perbaiki," kata Anies ditemui di Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu 3 Februari 2019 

Sedangkan terhadap aksi tawuran yang terjadi, Anies mengatakan aparat penegak hukum akan memproses tindakan tersebut secara tersendiri. 

Terpopuler

"Setiap aksi tawuran pasti ada sebab-sebabnya. Nanti saya cek dengan pengelola wilayah apa yang menjadi kebijakan," ujarnya. 

Jika pelaku masuk ke ranah pidana, lanjut Anies, maka akan diproses tegas secara hukum. Di satu sisi, Anies juga mengatakan pihaknya akan berupaya melakukan pendekatan secara kultural.

"Pelaku-pelakunya nanti, Kalau masuk pidana diproses hukum. Tapi kalau aspek yang lain mungkin ada pendekatan kultural yang harus kita lakukan di tempat itu," jelas dia. 

Direktur Utama Transjakarta, Agung Wicaksono, sebelumnya mengatakan, tawuran tersebut mengakibatkan sejumlah kaca-kaca halte Transjakarta pecah. Pada saat kejadian tersebut, rute Pulogadung-Dukuh Atas atau Koridor empat sempat dialihkan melalui Jalan Proklamasi. 

Berdasarkan laporan yang diterimanya, tawuran berlangsung hampir satu jam. Layanan pun kembali normal sekitar pukul 19.10 WIB setelah tawuran berhenti. 

Agung mengatakan pihaknya mengutuk keras aksi tawuran yang mengakibatkan kerusakan fasilitas umum tersebut. Padahal, kata dia, sarana dan prasarana ini diperuntukkan masyarakat. 

"Ini sangat merugikan," kata Agung dikutip dalam keterangan tertulisnya.

Ditambahkannya, kaca-kaca yang pecah itu akan segera diganti demi kenyamanan para pelanggan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Uji Coba Publik MRT Jakarta, Jadi Tempat Selfie Sampai Nge-Vlog!