Kebakaran, RSUD Kota Tangerang Tidak Beroperasi Sementara

Kebakaran RSUD Kota Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Pascakebakaran yang melanda panel listrik di RSUD Kota Tangerang, Banten, seluruh operasional di gedung tersebut dihentikan sementara. Sebab, Labfor Polda Metro Jaya akan menyelidiki lebih lanjut penyebab kebakaran tersebut.

"Untuk hari ini memang tidak dioperasikan terlebih dahulu, mulai dari rawat inap, rawat jalan ataupun tindakan medis lainnya," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, saat melakukan pengecekan lokasi, Selasa, 26 Februari 2019.

Kebakaran terjadi pada Senin malam, 25 Februari 2019 pukul 23.15 WIB tersebut mengakibatkan aliran listrik di seluruh gedung tersebut mati total. Tidak ada penerangan ataupun bisa menghidupkan peralatan penunjang medis.

Makanya, seluruh tenaga medis dan karyawan di rumah sakit berpelat merah yang baru berusia sekitar lima tahun itu, tampak masih berada di halaman rumah sakit. Hanya petugas keamanan dan kebersihan yang berada di dalam gedung.

"Jadi yang tidak berkepentingan dilarang masuk dahulu, hanya beberapa saja untuk membersihkan lantai yang pada hitam dan becek," ungkapnya.

Sementara itu, pantauan VIVA di lokasi, seluruh pintu pelayanan memang dijaga satpam dan tertutup. Di papan pengumuman tertulis pelayanan RSUD Kota Tangerang tidak beroperasi per hari ini hingga informasi lebih lanjut. 

Pasien dengan rujukan BPJS diminta untuk kembali ke faskes awal untuk mengurus perpindahan rujukan lagi.

RSUD Kota Tangerang kebakaran dan 156 pasiennya langsung diungsikan ke kantor Kelurahan Kelapa Indah yang berada di depan rumah sakit tersebut dan disebar ke 23 rumah sakit lainnya. (art)