Detik-detik Pasien Panik saat RSUD Kota Tangerang Kebakaran

Pasien RSUD Tangerang dievakuasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly

VIVA – Annisa (36), warga Panunggangan Barat, Tangerang panik saat harus menyelamatkan adiknya, Rohman (20) ketika kebakaran terjadi di lantai tiga ruang panel RSUD Kota Tangerang.

Ditemui VIVA di halaman Kantor Kelurahan Kelapa Indah, Tangerang, Annisa menceritakan saat-saat dia menyelamatkan sang adik. 

Ketika kebakaran berlangsung, ia yang berada di lantai tiga rumah sakit tidak mengetahui ada kebakaran. Namun, saat sirine bunyi, seluruh pasien yang ada di setiap lantai langsung berhamburan keluar.

"Pas itu saya enggak tahu kalau ada kebakaran. Pas bunyi sirine, baru tuh semuanya panik. Saya langsung memapah adik saya yang masih dirawat gara-gara sakit tipes," katanya, Selasa, 26 Februari 2019.

Dia menceritakan, saat-saat para pasien panik. Mereka harus menuruni tangga, serta jalur evakuasi di sisi gedung dengan kondisi lampu mati akibat konsleting listrik di ruang panel sehingga menyebabkan aliran listrik pada delapan lantai mati.

"Saya lewat tangga, kondisi sudah gelap, asapnya juga sudah masuk ruangan, saya posisinya gendong adik saya. Pokoknya, saya enggak pikir panjang lagi, saya ambil infus langsung saya gendong keluar. Enggak mikir barang-barang yang ada di dalam, semua saya tinggal yang penting saya selametin adik saya dulu," ujarnya.

Saat tiba di lantai dasar, Annisa dan Rohman langsung dibantu pihak rumah sakit untuk dilakukan evakuasi ke Kantor Kelurahan Kelapa Indah.

"Pas di bawah, petugas rumah sakit langsung sigap, ngambil adik saya dan ditaruh di kasur, terus langsung dibawa ke kantor kelurahan. Di sini saya nunggu ambulans karena harus dievakuasi ke RSUD Kabupaten Tangerang,"ujarnya.

Saat ini, seluruh pasien yang berada RSUD Kota Tangerang telah dipindahkan ke 23 rumah sakit sebagai mitra RSUD Kota Tangerang. Ditambah dua rumah sakit lainnya yang berada di luar wilayah Kota Tangerang yakni, RSUD Balaraja dan RS Siloam.

RSUD Kota Tangerang mengalami kebakaran Senin, 25 Februari 2019, pukul 23.15 WIB. Kebakaran terjadi lantaran panel listrik di lantai tiga mengalami konsleting listrik hingga merambat ke aliran listrik lainnya.