Usai Kebakaran, Layanan Poliklinik RSUD Kota Tangerang Mulai Dibuka

Pelayanan di poliklinik RSUD Kota Tangerang usai ruang panel terbakar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang mulai membuka pelayanan poliklinik, usai kebakaran di bagian panel gedung tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengatakan, sejauh ini hanya bagian layanan poliklinik di lantai satu dan dua yang bisa dioperasikan. Sebab, pelayanan tersebut tidak memerlukan tenaga listrik terlalu besar.

Hari ini, 17 dari 19 poli yang ada sudah beroperasi. "Ada dua poli yang belum diaktifkan yakni, satu poli mata, satu lagi poli THT karena dua poli itu harus pakai energi listrik yang cukup lumayan. Jadi, sementara tidak dulu," ujarnya kepada VIVA, Rabu, 27 Februari 2019. 

Sementara itu, untuk pemeriksaan penunjang yang sudah aktif, yaitu pemeriksaan laboratorium, radiologi dan USG.

Liza menjelaskan, untuk ketersediaan pasokan listrik dibantu dari pihak Dinas Perhubungan bagian Penerangan Jalan Umum serta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman untuk bagian penerangan. "Selain lantai satu dan dua, ada lantai tiga yang sudah bisa dialiri listrik tapi tidak aktif secara keseluruhan karena itu untuk server saja, mem-back up sistem informasi di rumah sakit," ujarnya.

Direktur Utama RSUD Kota Tangerang Feriyansyah mengatakan, untuk layanan poliklinik dibuka hingga pukul 11.00 WIB. "Tadi sudah kita buka sampai pukul sebelas dan saat ini hanya tinggal beberapa pasien poliklinik saja yang dilayani baik itu pasien rujukan BPJS atau tidak," ujarnya.

Pantauan VIVA, pelayanan di rumah sakit telah berjalan normal meski masih terdapat pemasangan kabel di sisi gedung. Namun, hal itu tidak mengganggu pelayanan. Begitupun, dengan pembenahan plafon yang sengaja dibuka untuk memudahkan kabel pengganti masuk ke ruang panel.

Kebakaran melanda ruang panel RSUD Kota Tangerang, Senin, 25 Februari 2019 malam. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. (art)